Dimulai mi Tahapan Pemilu 2024, Bawaslu Bulukumba Ikuti Apel Siaga Pengawasan

14 June 2022 15:26
Dimulai mi Tahapan Pemilu 2024, Bawaslu Bulukumba Ikuti Apel Siaga Pengawasan

BugisPos, Bulukumba,- Berdasarkan Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017, tahapan pemilu dimulai dengan perencanaan program dan anggaran serta penyusunan peraturan penyelenggaraan pemilu.

Tahapan Pemilu Serentak 2024 dimulai hari ini 14 Juni 2022. Bawaslu Bulukumba ikut menggelar Apel Siaga Pengawasan di Kantor Bawaslu Bulukumba, Jln.Kusuma Bangsa No. 6 Caile.

Pemilihan Umum akan dilaksanakan untuk memilih Calon Presiden dan Wakil Presiden serta calon anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD), calon anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR), dan calon anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) pada tanggal 14 Februari 2024.

Kemudian pada 27 November 2024 mendatang akan dilaksanakan Pemilihan Kepala Daerah untuk memilih Calon Gubernur dan Wakil Gubernur di 33 Provinsi, serta Calon Walikota dan Wakil Wali Kota/ Calon Bupati dan Wakil Bupati yang tersebar di 508 Kabupaten/Kota seluruh Indonesia.

“Sebagai salah satu penyelenggara pemilu, sebagaimana amanah undang-undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum, Bawaslu Bulukumba melalui Apel Siaga mengkonsolidasikan seluruh sumber daya yang dimiliki untuk melakukan seluruh tahapan pengawasan pemilu,” jelas Ketua Bawaslu Bulukumba Ambo Radde Junaid sesaat setelah mengikuti Apel Siaga Pengawasan Pemilu serentak 2024 secara daring, Selasa (14/6/2022).

Pelaksanaan Pemilu dan Pemilihan serentak tahun 2024, katanya, akan menjadi sejarah baru pada perjalanan demokrasi bangsa Indonesia, karena ditahun yang sama untuk pertama kalinya pelaksanaan Pemilihan Umum dan Pemilihan Kepala Daerah secara serentak.

Ambo Radde menambahkan melalui Apel siaga ini, kita menyatakan kesiapan untuk mengawasi seluruh tahapan pemilu, melakukan pencegahan dan menolak terjadinya politik uang, Hoaks dan isu SARA serta pelanggaran lainnya.

“Apel Siaga Kesiapan Pengawas Pemilu menjadi momentum untuk memberikan pendidikan politik ke masyarakat, mendorong masyarakat untuk ikut terlibat mencegah dan menolak segala bentuk pelanggaran pemilu,” kunci Ambo Radde.- (*)

Editor Suaedy

Bugispos.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya