Kepala Inspektorat Muna Beri ki Penjelasan, Terkait Rapat bersama OPD

05 August 2022 13:27
Kepala Inspektorat Muna Beri ki Penjelasan, Terkait Rapat bersama OPD

BugisPos, Muna,Sultra.- Kepala Inspektorat Kabupaten Muna Lakuanto akhirnya buka suara perihal rapat tertutup lintas Organisasi Perangkat Daerah (OPD) se-Kabupaten Muna yang digelar pada Kamis (4/8/2022) malam.

Saat ditemui pada Jumat (05/08/2022) pukul 11.00 Wita, Lakuanto mengungkapkan bahwa rapat tadi malam itu untuk meminta kepada tiap OPD agar melengkapi persyaratan yang diperlukan sebelum pencairan tahap kedua.

“Sebagaimana yang tertuang dalam MOU antara PT SMI dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Muna, sekaligus untuk menjadi bahan Inspektorat melakukan review terhadap pencairan tahap kedua,” sebutnya.

Ia menambahkan, Inspektorat melakukan pendampingan terhadap kegiatan Dana Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) dalam bentuk kegiatan probity audit.

“Kegiatan ini kami juga didampingi oleh BPKP perwakilan Sulawesi Tenggara. Dari seluruh kegiatan Dana PEN yang sementara berjalan, kita mengambil sampel 12 kegiatan,” jelasnya.

Kenapa kita ambil sampel 12 kegiatan, menurutnya pertama karena kita keterbatasan SDM tidak bisa kita jangkau semua.

” Makanya kita ambil sampel proyek-proyek yang strategis ” sambungnya.

12 sampel kegiatan yang sudah dilakukan Probity Audit, tambah Kepala Inspektiorat, diantaranya Pembangunan Pasar Sentral Laino (Gedung Bangunan II) dengan nilai kontrak Rp,9.970,440,000, Pembangunan Stadion Sepak Bola Raha dengan nilai kontrak Rp, 16.865,272,000. .

” Mereka sudah melakukan expose di hadapan Inspektorat dan BPKP Sulawesi Tenggara bertempat di Kantor BPKP Sulawesi tenggara. Alhamdulillah pada waktu expose Pak Bupati Muna hadiri pada pembukaan,” tandasnya lagi.

Pada kesempatan itu setiap OPD memaparkan kegiatannya serta BPKP memberikan saran tentang hal-hal apa saja yang harus dilakukan OPD agar kegiataannya berjalan dengan baik.-( Rixan Ardian)

Editor Suaedy

Bugispos.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya