Bhakti Nyata HMI Komisariat FKG Unhas Wujudkan ki Senyum di Bumi Tanadoang

08 August 2022 20:47
Bhakti Nyata HMI Komisariat FKG Unhas Wujudkan ki Senyum di Bumi Tanadoang

BugisPos, Selayar- Sebanyak 115 tim dari Himpunan Mahasiswa Islam Komisariat Kedokteran Gigi Universitas Hasanuddin Cabang Makassar Timur menggelar Kerja Sosial di Kabupaten Kepulauan Selayar.

Kegiatan tersebut akan berlangsung selama 3 hari yakni mulai tanggal 8 – 12 Agustus 2022 dan menempati 6 Kecamatan Daratan Kepulauan Selayar. Dengan jenis kegiatan antara lain : Penyuluhan, Pengobatan dan pembersihan karang gigi.

Wakil Bupati Kepulauan Selayar, Saiful Arif pada pembukaan serimonial di Aula Pendopo Rujab Bupati lama, Senin (8/8) mengapresiasi dan menyambut baik kegiatan yang melibatkan ratusan mahasiswa dari FKG Unhas ini.

“Terima kasih tak terhingga atas kehadirannya di Kepulauan Selayar. Mudah mudahan ini bukan yang terakhir diadakan di HMI,” ucapnya

Menurut Wabup yang juga Kader HMI ini, Kesehatan Gigi dan mulut di Selayar masih perlu mendapatkan perhatian serius. Terlepas dari persepsi masyarakat terhadap kesehatan gigi masih sangat buruk. Olehnya itu, perlu upaya promotif, preventif dan penyuluhan langsung ke masyarakat.

Sehingga dengan hadirnya mahasiswa kedokteran gigi di Bumi Tanadoang untuk melakukan kerja sosial ini diharap mampu menjadi salah satu komponen untuk terwujudnya kesehatan gigi dan mulut di Selayar.

“Persoalan kesehatan juga sangat berkaitan erat dengan pariwisata yang menjadi visi utama kita.” Cetus Wabup

Dikesempatan yang sama, Ketua HMI Komisariat FKG Unhas M. Fadlan Faisal T. Syarkawi menyampaikan hormat dan rasa terima kasih yang setinggi-tingginya atas sumbangsih dan konstribusi pemerintah daerah serta atensinya yang luar biasa sejak awal hingga menyambut kedatangan ratusan mahasiswa Islam di Selayar.

Fadlan mengungkap, kegiatan kerja sosial ini merupakan program rutin komisariat sebagai bentuk implementasi tri dharma perguruan tinggi.

Dikatakan, HMI sejak didirikannya telah berkomitmen untuk hadir menjadi harapan masyarakat Indonesia.

“Itu sebabnya mahasiswa yang terhimpun di dalamnya senantiasa menyisihkan waktunya turun ke masyarakat melakukan kerja – kerja sosial seperti yang saat ini dilakukan oleh ratusan mahasiswa Islam Komisariat Kedokteran Gigi Unhas di Kepulauan Selayar” jelasnya

Sementara itu Ketua panitia Muhammad Arif Aryadifa mengatakan kehadiran HMI FKG Unhas di bumi Tanadoang adalah sebagai bentuk pengabdian kepada masyarakat.

“Yang pastinya komitmen kami hadir di bumi Tanadoang untuk mengabdi melayani masyarakat dengan target minimal 1000 pasien,” ujarnya.

Arif Aryadita kemudian memaparkan bahwa tim yang hadir akan terbagi rata di 9 posko inap di enam kecamatan daratan kepulauan Selayar.

Kendati sebelumnya panitia juga bermaksud untuk menempati 3 kecamatan di kepulauan yakni Takabonerate Pasimasunggu dan Pasimasunggu Timur namun karena pertimbangan cuaca sehingga harus dibatalkan kemudian mengisi posko di daratan.

“Jadi karena itu ada 2 tim yang telah menempati 1 kecamatan di daratan dengan masa kerja masing – masing 3 hari. Misalnya; kecamatan Bontoharu ada 2 tim, bontosikuyu 2 tim dan bontomatene juga ada 2 tim” jelas Ketua Panitia Muhammad Arif Aryadifa.

Usai ceremoni Pembukaan kegiatan Bakti Sosial yang mengusung rrema “Maeki Sikamaseang Na Samaturu Wujudkan Senyum Sehat dan Bakti Nyata HMI di Bumi Tanadoang”, Selanjutnya ratusan mahasiswa ini disebar ke posko masing-masing di setiap Kecamatan. Kemudian akan mulai bekerja pada Selasa besok hingga Kamis.(rls/ Ucok Haidir )

Bugispos.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya