Hari Ini Macet ki seng Makassar, 500 Mahasiswa di 11 Titik Demo Protes Kenaikan Harga BBM

05 September 2022 12:31
Hari Ini Macet ki seng Makassar, 500 Mahasiswa di 11 Titik Demo Protes Kenaikan Harga BBM

Ko Makassar – Gelombang aksi unjuk rasa (Unras) alias demonstrasi mahasiswa protes terhadap kenaikan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) hari ini, Senin (05/09/2022) akan berlangsung di 11 Titik dalam wilayah kota Makassar.

Informasi demo tersebut sudah beredar luas di media sosial dan telah tersebar melalui grup-grup WattShap sejak Minggu (04/09/2022) malam.

Diinfokam terdapat sekitar 500-an mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi di kota Makassar yang akan terlibat aktif dalam demo protes kenaikan harga BBM.

Demo akan dimulai pukul 10.00 wita hingga sore hari sekurangnya di 11Titik. Tiap titik diikuti sedikitnya 50 orang peserta demo aktif. Terbanyak di titik demo Jl. Botolempangan oleh aktivis HMI, peserta sekitar 100 orang.

“Hari Senin ini macet mi seng kota Makassar karena ada demo tolak kenaikan Harga BBM di seluruh penjuru kota. Mudah-mudahan berjalan aman, tidak anarkis,” komentar seorang ASN setelah menyimak informasi persebaran titik-titik demo di kota Makassar, Senin (05/09/2022) sebagaimana yang beredar di media sosial.

Untuk kelancaran perjalanan warga, para pengguna jalan diharapkan menghindari titik-titik kegiatan demo yang dipastikan akan mengalami perlambatan atau menyebabkan kemacetan arus lalu-lintas.

Berikut ini dikutipkan titik-titik Demo yang akan berlangsung di kota Makassar sepanjang hari ini, Senin (05/09/2022).

1. Pukul 10.00 Wita, rencana aksi Unjuk Rasa (Unras) di Jl. Perintis Kemerdekaan (Simpang 4 Patung Ayam Daya) Makassar sekitar 50 orang dari Pemuda Sektor Biringkanya yang dipimpin oleh Sdr. Lingga (Jendlap) akan melaksanakan aksi terkait Penolakan kenaikan harga BBM bersubsidi.

2. Pukul 12.00 Wita, rencana aksi Unras di Jl Sultan Alauddin Kecamatan Tamalate Kota Makassar sekitar 30 orang dari Simpul Pergerakan Mahasiswa dan Pemuda (SPMP) dipimpin oleh Sdr. Rais (Korlap) akan melaksanakan aksi terkait Menolak kenaikan harga BBM.

3. Pukul 13.00 Wita, rencana aksi Unras di depan gerbang BTP dan Depan Kampus Unhas sekitar 30 orang dari Komite Rakyat Demokratik (KOMRAD) yang dipimpin Sdr. Wandi (Jendlap) dan Sdr. Yayat, akan melaksanakan aksi terkait Tolak RKUHP dan Kenaikan Harga BBM.

4. Pukul 13.00 Wita, rencana aksi Unras di depan Kampus 1 UIN Alauddin Makassar Kecamatan Tamalate kota Makassar sekitar 50 orang dari Himpunan Mahasiswa Islam (HMI Cagora) yang di pimpin Sdr. Khairil Anwar (Korlap) akan melaksanakan aksi unjuk rasa terkait Penolakan kenaikan harga BBM.

5. Pukul 13.00 Wita, rencana aksi Unras di Jl. Sultan Alauddin Kecamatan Tamalate Kota Makassar sekitar 50 orang dari Gerakan Mahasiswa Bersatu Sulsel (GMB Sulsel) dipimpin oleh Sdr. Rudy (Korlap) akan melaksanakan aksi Terkait Menolak kenaikan harga BBM.

6. Pukul 13.00 Wita, rencana aksi Unras di pertigaan Jl. Sultan Alauddin – Jl. A. Pettarani Makassar dan depan Hotel Lamacca Jl. A.P.Pettarani kecamatan Tamalate Kota Makassar sekitar 50 orang dari Gerakan Rakyat Intelektual Indonesia (GARIS) dipimpin oleh Sdr. Andri (jendlap) akan melaksanakan aksi terkait Menolak kenaikan harga BBM.

7. Pukul 13.00 Wita, rencana aksi Untas di Jl. Botolempangan dan Kantor DPRD Prov Sulsel, sekitar 100 orang dari Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Makassar yang dipimpin oleh Sdr. Arsy Jailolo (Jendlap) akan melaksanakan aksi terkait Penolakan kenaikan harga BBM.

8. Pukul 13.00 Wita, rencana aksi Unras di Kampus STIM LPI Bung Jl. Bung – Perintis Kemerdekaan Kecamatan Biringkanaya kota Makassar sekitar 50 orang dari Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) STIM LPI Bung dipimpin Sdr. Fadjrun (Jendlap) akan melaksanakan aksi terkait Menolak kenaikan harga BBM.

9. Pukul 13.15 Wita, rencana aksi Unras di depan Kampus Unismuh Jl. Sultan Alauddin Kec. Rappocini kota Makassar, sekitar 50 orang dari Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Komisariat Sejajaran Unismuh dipimpin oleh Samsul Kifli (Jendlap/Ketua PTKP HMI kom. Fak. Ekonomi Unismuh) akan melaksanakan aksi terkait Penolakan terhadap kenaikan harga BBM subsidi oleh pemerintah pusat.

10. Pukul 14.00 Wita, rencana aksi Unras di Jl. A.P Pettarani depan Gedung Phinisi Kampus UNM kecamatan Rappocini kota Makassar sekitar 50 orang dari Aliansi Mahasiswa UNM dipimpin korlap sdr. Gery Fabian (mahasiswa FE UNM) akan melaksanakan aksi terkait Penolakan kenaikan harga BBM.

11. Pukul 14.00 Wita, rencana aksi Unras di Jl. Sultan Alauddin di depan Kampus Unismuh Kota Makassar sekitar 50 orang dari Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) Komisariat Sospol Unismuh dipimpin oleh Zulfahmi (Ketua IMM Kom. Sospol Unismuh) akan melaksanakan aksi terkait Penolakan kenaikan harga BBM.

Dalam pantauan BugisPos.com, justeru kegiatan demo atau aksi unjuk Rasa (Unras)
protes kenaikan Harga BBM, telah dilakukan oleh aktivis mahasiswa sejak pukul 9.00 wita, Senin (05/09/2022) di persimpangan Jl Hertasning dengan Jl AP Pettarani (di bawah jembatan Jl Tol Layang), berorasi di tengah jalan dan membakar sejumlah ban bekas.

Sebagaimana diketahui, Pemerintah RI sejak Sabtu (03/09/2022) pukul 14.30 wib mengumumkan berlakunya kenaikan harga BBM jenis Pertalite dari Rp7.750/liter menjadi Rp10.000/liter. Solar Subsidi dari Rp5.150/liter naik menjadi Rp6.800/liter. BBM jenis Pertamax sebelumnya Rp12.500/liter dinaikkan menjadi Rp14.500/liter.

Alasan pemerintah menaikkan harga BBM guna menghindari pembengkakan Subsidi Energi yang besarnya kini telah melebihi Rp502 triliun di APBN 2022.

Kondisi tersebut, katanya, dipicu naiknya harga minyak mentah serta adanya pelemahan kurs rupiah. (aji)

Bugispos.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya