Makessing, KTT G20 di Bali, Kemenkes Jamin Fasilitas Layanan Kesehatan

22 September 2022 20:01
Makessing, KTT G20 di Bali, Kemenkes Jamin Fasilitas Layanan Kesehatan
dr. Sunarto, M.Kes Direktur Tata Kelola Pelayanan Kesehatan Kemenkes

BugisPos– Jakarta, Demi mendukung kelancaran penyelengaraan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) pada 15 -16 November 2022 di Bali, Kementerian Kesehatan (Kemenkes) R.I menyiapkan fasilitas pelayanan Kesehatan, bukan hanya di hotel utama, Apurva Kempinski Bali, tapi di seluruh hotel tempat para delegasi menginap selama penyelenggaraan.

Dalam memberikan pelayanan, Kementerian Kesehatan telah mengestimasi jarak tempuh yang dibutuhkan orang yang sakit untuk mendapatkan perawatan ke rumah sakit paling jauh adalah 48 menit, dan paling dekat yaitu 13 menit, selain itu Venue akan tetap disediakan klinik Kesehatan dan Mini -ICU.

“Jika misalnya ada person sakit dibawa langsung dengan ambulan ini adalah standar penanganan emergensinya. Namun di Apurva Kempinski tetap ada klinik dan Mini-ICU,” ujar Sunarto, dengan menyampaikan pula bahwa khusus pimpinan negara atau VVIP, penanganannya akan dilakukan Sekretariat Negara.

“Untuk Kemenkes hanya untuk delegasi seperti Menteri, Duta Besar, dan lainnya jumlahnya sekitar 600 orang. Selain ada mini-ICU dan klinik kesehatan, serta mobile 24 jam,” terang Sunarto.

Sementara itu fasilitas kesehatan mini -ICU yang disiapkan adalah tempat tidur pasien, tempat tidur periksa, meja serta mobile ventilator jika ada kegawatdaruratan jantung serta paru-paru. Serta tenaga medis dokter spesialis jantung, dokter spesialis anastesi, dan didukung dokter umum serta perawat-perawat yang sudah terlatih.

Mereka akan bersiaga selain di Apurva, juga di 21 hotel lainnya tempat para delegasi menginap. Rinciannya 10 hotel di Nusa Dua, 3 hotel di Kuta, 3 di Tuban, 3 di Jimbaran, 1 di Sanur dan 1 hotel di daerah Uluwatu. Kemenkes juga akan membagi tujuh zona pelayanan Kesehatan saat KTT G20. Setiap zona akan ada tim mobile yang bersiaga selama 24 jam.

“Terkhusus kepresidenan, disiapkan ambulan kepresidenan. Ada dua mini icu di Apurfa Kempinski dan GWK, satu unit klinik kesehatan di Apurva Kempinski, dan juga ada empat tim mobile,” ungkap Sunarto.

Dalam rangka memberikan layanan kesehatan tujuh rumah sakit rujukan, siap beri layanan terbaik. Kemenkes bekerja sama dan berkoordinasi dengan Sekretariat Negara, Kementerian Maritim dan Investasi, serta Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

Walaupun pandemi COVID-19 di dunia dan Indonesia secara khusus, telah mampu dikendalikan, Sunarto menyatakan jika protokol kesehatan masih tetap diterapkan. Para delegasi sebelum berangkat telah diwajibkan memenuhi beberapa persyaratan, dengan aplikasi PeduliLindungi.

Adapun beberapa rumah sakit yang disipkan dalam menunjang pelayanan diantaranya Tujuh RS Internasional dan daerah yang akan menjadi rujukan saat KTT G20 di antaranya, RSUP IGN Ngurah dengan jarak ke Apurva Kempinksi sejauh 21 kilometer serta waktu tempuh 39 menit, RSUD Bali Mandara dengan jarak ke Apurva Kempinksi 20 kilometer dan waktu tempuh 32 menit, RS Universitas Udayana jarak ke Apurva Kempinksi 11 kilometer dan waktu 24 menit, RS Siloam jarak ke Apurva Kempinksi 17 kilometer dan waktu 28 menit, RS BIMC Nusa Dua dengan jarak ke Apurva Kempinksi 4.5 kilometer dan waktu 13 menit, selanjutnya RS Bhayangkara jarak ke Apurva Kempinksi 25 kilometer dan waktu 48 menit, dan RS Tk II Udayana jarak ke Apurva Kempinksi 22 kilometer dan waktu 40 menit. (*/Sadli)

Bugispos.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya