683 ASN Pemkab Maros Ikuti ki Uji Pemetaan Kompetensi

09 November 2022 18:15
683 ASN Pemkab Maros Ikuti ki Uji Pemetaan Kompetensi
ASN pelaksana kelas jabatan tujuh yang mengikuti uji kompetensi di Lab Komputer Kantor Bupati Maros.

BugisPos, Maros — Ratusan Aparatur Sipil Negara (ASN) Pemkab Maros mengikuti uji pemetaan kompetensi selama tiga hari, 25-27 Oktober mendatang.

Ada 683 ASN dengan jabatan pelaksana kelas jabatan tujuh yang akan mengikuti uji kompetensi di Lab Komputer Kantor Bupati Maros.

Kepala Bidang PDSK Kanreg IV BKN, Abdul Rajab, mengatakan uji kompetensi ini menggunakan sistem merit.

Menurutnya ini adalah langkah tepat yang diambil oleh pemerintah Kabupaten Maros sebab, penilaian kompetensi dan kinerja ASN akan menjadi lebih murni. Sebab sistem tersebut mendasarkan pada kualifikasi, kompetensi dan kinerja, yang diberlakukan secara adil.

Uji komptensi ini kata Rajab, menggunakan metode kimputerisasi untuk mengukur aspek kognitif, efektif dan minat atau kecenderungan prilaku. Hasil uji ini dipotret dan dijadikan acuan dalam pemetaan jabatan nantinya. Peserta tidak perlu tegang, rileks saja, cukup mengerjakan dengan fokus dan mandiri. Kalau tidak mandiri nanti potret kompetensinya tidak akan sesuai dengan bakatnya.

Sementara itu Bupati Maros, Chaidir Syam mengatakan, uji kompetensi ini merupakan pemenuhan sistem Merit untuk memastikan jabatan di pemerintahan diduduki oleh ASN yang profesional.

Menurutnya, isi tesnya tidak akan jauh berbeda dengan simulasi dan apa yang dihadapi sehari-hari.

Alumni Ilmu Pemerintahan Unhas itu juga mengatakan penempatan ASN akan sesuai dengan kompetensi yang dimilikinya.

Mantan Ketua DPRD Kabupaten Maros itu juga mengingatkan pihaknya telah menertbitkan Maros Nomor 94 tentang manajemen talenta dilingkup Pemerintah Kabupaten Maros.

Kata Chaidir, juga punya value Berakhlak dengan akronim Berorientasi Pelayanan, Akuntabel, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, dan Kolaboratif. (*/Abrar)

Editor : Syahrul Gunawan
Auther : BugisPos.com

Bugispos.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya