Tingkatnya Minat Baca di Maros, Chaidir Syam Konsisten ki Gemar Membaca

05 December 2022 15:22
Tingkatnya Minat Baca di Maros, Chaidir Syam Konsisten ki Gemar Membaca
Chaidir Syam pun diberikan penghargaan tertinggi: Nugra Jasadharma Pustaloka Perpustakaan Nasional RI, Kategori Pejabat Publik, yang diterima Senin (14/11/2022).

BugisPos, Maros — Tingginya minat baca masyarakat Maros, tak luput dari upaya Bupati Maros AS Chaidir Syam mendorong budaya literasi menyebar hingga ke desa-desa.

Upaya Chaidir Syam yang konsisten mendorong masyarakat gemar membaca, menarik perhatian pemerintah pusat. Chaidir Syam pun diberikan penghargaan tertinggi: Nugra Jasadharma Pustaloka Perpustakaan Nasional RI, Kategori Pejabat Publik, yang diterima Senin (14/11/2022).

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Maros Amiludin A, mengatakan penghargaan dari negara itu atas keberhasilan yang dicapai Pemkab Maros untuk menjadi salah satu kabupaten literasi di Provinsi Sulawesi Selatan.

“Sejak budaya literasi dikembangkan dan sudah ada Perda Literasi, minat baca masyarakat pun meniingkat. Mudah-mudahan Tingkat Kegemaran Membaca (TGM) ini terus mengalami grafik peningkatan,” katanya Amiludin A.

Untuk mencapai TGM yang tinggi, ujar Amiludin, pihaknya pun sudah menyiapkan program untuk menaikkan Indeks Pembangunan Literasi Masyarakat (IPLM) di Maros.

“Diantaranya, diupayakan tersedia perpustakaan kecamatan dan masuk penilaian IPLM, serta replika kabupaten untuk perpustakaan desa berbasis inklusi sosial,” ujarnya.

Selain itu, Dinas Perpustakaan Maros, juga akan melakukan kegiatan roadshow. Dan yang dan yang tak kalah pentingnya, kata Amiluddin, ia akan menghadirkan Pojok Baca Digital (Pocadi) di Maros.

“Kami juga akan melengkapi fasilitas permainan out door perpustakaan ibu dan anak sebagai ikon perpustakaan di Maros,” ujarnya. (*/Abrar)

Editor : Syahrul Gunawan

Bugispos.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya