Bedah Buku Ngopi Rongg, Irwan : Dua Jam tidak Cukup ki Bicara Almarhum Usdar Nawawi

23 November 2022 21:43
Bedah Buku Ngopi Rongg, Irwan : Dua Jam tidak Cukup ki Bicara Almarhum Usdar Nawawi

BugisPos, Makassar – Staf Ahli Wali Kota Makassar Andi Irwan Bangsawan membuka Bedah Buku “Ngopi Rongg” karya Almarhum Usdar Nawawi, Rabu, 23 November 2022 di Best Western Hotel Jalan Botolempangan.

Dalam sambutannya, Irwan menceritakan hubungan antara dirinya dengan almarhum Usdar Nawawi.

“Almarhum seringkali berinteraksi dengan saya, bukan hanya berdiskusi terkait tugas beliau selaku jurnalis, akan tetapi kami juga berdiskusi terkait pemerintahan dan juga berdiskusi terkait semua hal,” ucapnya.

“Walaupun belum saya membaca kumpulan 100 esai Ngopi Rongg, namun ada judul yang menggelitik yang disampaikan ketua panitia tadi, kalau tidak salah, Enjoy Saja Mengganti Onderdil yang Rusak,” terangnya.

“Itu judul luar biasa menggelitik terkait pergantian atau mutasi ditubuh pemerintahan,” lanjutnya.

“Apabila kita berbicara terkait buku Ngopi Rongg tentu tak terlepas dari sosok Usdar Nawawi, mungkin 2 jam juga tak cukup untuk itu. Jadi melalui momen inilah saya menyampaikan pesan dan salam hormat dari Wali Kota Makassar Ir. Ramdhan Pomanto yang masih di luar kota buat keluar almarhum Usdar Nawawi dan semoga amal ibadah beliau mendapat tempat yang indah disisiNya,” tutup Irwan Bangsawan.

Senada dengan itu, Kepala Dinas Perpustakaan Kota Makassar Andi Tenri Palallo menyampaikan bahwa berbicara tentang Buku Ngopi Rongg itu sama dengan berbicara tentang Usdar Nawawi.

“Karena Ngopi Rongg itu sama dengan Usdar Nawawi,” imbuh Kepala Dinas yang memiliki basic wartawan ini.

Teringat tiga hari sebelum wafatnya (Usdar Nawawi), kisah Tenri, dia datang ke Dinas Perpustakaan Kota Makassar terkait buku Ngopi Rongg.

“Saya kemudian menjanjikan kepada Almarhum akan membedah bukunya, akan tetapi dia jawab, tidak kulihat mi itu dan ternyata itu tanda bahwa beliau akan berpulang ke Rahmatullah,” tuturnya.

“Untuk itu, hari ini, saya tunaikan janji saya dengan membedah buku Ngopi Rongg,” tegasnya yang disambut applaus oleh para peserta.

Pada bedah buku Ngopi Rongg ini, menghadirkan dua pemateri yaitu Arwan D. Awing (BugisPos) dan Andi Passamangi Wawo serta dipandu oleh Asnawin Aminuddin, serta dihadiri dari berbagai elemen masyarakat, mulai dari wartawan, budayawan, seniman, mahasiswa hingga penggiat literasi.

Turut hadir dalam acara Fredrich Kuen (Assesor BNSP dan Penguji Dewan Pers), Rusdi Embas, Ishakim (Budayawan), Mahaji Noesa, Tahir Rahman, Hasanuddin Umar, serta para wartawan BugisPos.

Juga hadir keluarga besar dari Usdar Nawawi yaitu, Dra. Putriani Etna (istri), Ahmad Ainul Yaqin, Dewi Maspira, Ahmad Nurul Haq (Anak), serta saudara dan juga cucu Usdar Nawawi.

Bugispos.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya