Addeh Jagona, Umur na Baru Seumur Jagung Tapak Suci Maccis Raih Juara Umum Pra Usia Dini

21 December 2022 14:48
Addeh Jagona, Umur na Baru Seumur Jagung Tapak Suci Maccis Raih Juara Umum Pra Usia Dini

BugisPos, Makassar — Turnamen Nasional Pencak Silat Tapak Suci Rektor UINAM CUP VI 2022 resmi ditutup secara tradisi Tapak Suci Dipimpin oleh ketua Dewan Pendekar Tapak Suci Sulawesi Selatan Andi Makkulau Pasarai, P.Ua, pada Senin (19/12/2022).

Iklan Camat Panakukang

Turnamen Nasional Pencak Silat Tapak Suci Rektor UINAM CUP VI dihadiri oleh 500 atlit yang terdiri dari 50 Kontingen dari berbagai provinsi dan kabupaten kota se Sulawesi Selatan.

Pada turnamen nasional tersebut mempertandingkan kategori tanding mulai dari tingkat pra usia dini, usia dini, pra remaja, remaja, dan dewasa. Adapun kategori seni diperlombakan hanya pada usia remaja dan dewasa.

Tim dari kontingen Tamalate (Maccini Sombala – Parang Tambung) yang baru seumur jagung berhasil meraih Juara Umum I pada kategori tanding Pra Usia dini dengan perolehan medali 3 emas, 2 medali perak dan 2 perunggu.

Pada kategori tanding usia dini merebut juara Umum III dengan perolehan medali 3 emas, 2 perak . Di kategori usia pra remaja mempersembahkan 1 medali perak dan kategori tanding dewasa mempersembahkan 1 medali emas.

Tim Maccis – Partam ini turun pada Turnamen Nasional Pencak Silat Tapak Suci UINAM CUP VI 2022 dengan jumlah atlet sebanyak 19 orang terdiri dari 7 orang pra usia dini, 5 Usia Dini, 4 pra remaja, 3 dewasa.
Kontingen Maccis – Partam di nahkodai oleh manager kontingen Rachmat Tumengkol, SE,MM dan Official/Pelatih Hermanto, SE, dan disupport penuh oleh Pembina Tapak Suci Cabang Maccini Sombala sekaligus anggota DPRD Kota Makassar Ari Ashari Ilham, SE, Lurah Maccini Sombala Saddam Musma, Pembina Tapak Suci Cabang Parang Tambung Rahman Rumaday, Arwan Dg. Awing dan Pembinaan Tapak Suci Unit Al-Hidayah Makassar Muh. Ali Khan.

Usai menerima piala sebagai Juara Umum I pada kategori tanding pra usia dini, manager kontingen Rachmat Tumengkol memberikan apresiasi kepada anak-anak para atlet serta orang tuanya yang dari awal pembentukan Tim Maccis-Partam memberikan dukungan yang sangat luar biasa.

“Saya atas nama manager kontingen mengucapkan selamat kepada adek-adek siswa yang telah meraih medali dan yang belum sempat meraih medali jangan merasa kecewa, mari kita semu kembali ke cabang untuk berlatih lebih giat lagi dalam mempersiapkan diri pada turnamen atau kejuaraan-kejuaraan yang akan datang”, ungkap Rachmat Tumengkol.

Pada kesempatan yang sama disela-sela penerimaan medali bagi para atlet, Hermanto selaku official/pelatih kontingen menyampaikan rasa syukur atas perolehan prestasi bagi anak-anak binaannya.

“Terima kasih dan selamat atas prestasi yang cukup gemilang ini, dimana kita bisa mempersembahkan yang terbaik buat kecamatan Tamalate khususnya Maccini Sombala dan Parang Tambung.
Cabang Parang Tambung, Maccini Sombala dan Unit Latihan Al- Hidayah Makassar merupakan cabang yang boleh dibilang masih sangat belia, masih seumur jagung namun sudah bisa turut serta dalam Turnamen Nasional Pencak Silat Tapak Suci UINAM CUP VI ini,” ungkapnya.

“Terimakasih banyak kepada Pak Lurah Maccini Sombala Saddam Musma, pembina Tapak Suci Cabang Parang Tambung Rahman Rumaday, Arwan Dg. Awing, Pembina Tapak Suci Cabang Maccini Sombala Kaharuddin Dg Jumasang, pembina Tapak Suci Unit Latihan Al-Hidayah Makassar Muh. Ali Khan yang selama ini memberikan dukungan moril maupun materil kepada kami sehingga kami bisa berada pada titik ini,” terangnya lagi.

“Dan terkhusus kepada para orang tua siswa yang dari awal pembentukan tim sudah memberikan dukungannya baik kepada kami selaku pelatih maupun kepada anak-anak atlit yang turun pada Turnamen Nasional ini. Bahkan ikut serta mendampingi anak-anak sampai selesai pertandingan,” pungkas pria berkacamata yang akrab disapa Ka’ Anto.

Terpisah, Ketua Dewan Pembina Tapak Suci Parangtambung Rahman Rumaday menyatakan kekagumannya atas keberhasilan yang dicapai oleh Tim Tapak Suci Kecamatan Tamalate ini.

Mengingat, pembentukan ketiga Perguruan Tapak Suci di Kecamatan Tamalate ini, baru seumur jagung.

“Addeh Jagona padahal baru sekitar enam bulan berdirinya ini cabang, tapi telah berhasil merengkuh juara umum,” ungkap Rahman Rumaday yang kerap disapa Bang Maman mengungkapkan kekagumannya.

“Saya yakin dan percaya, pelatihnya ini yang jago dan juga didukung oleh orangtua siswa yang sangat mendukung anak-anaknya,” tambah Maman.

“Semoga ke depan siswa-siswi Tapak Suci yang menjadi binaan di tempat kami, dapat berprestasi hingga tingkat dunia,” harap pria yang juga founder Komunitas Anak Pelangi ini

Adapun daftar perolehan medali kontingen Tapak Suci Tamalate (Maccini Sombala – Parang Tambung) sebagai berikut:
Medali Emas
1. Nur Waliyatul Mursyidah Tumengkol
2. Aini
3. Sultan Faesa Ajwad
4. Raihan Ramzi Raja Wibowo
5. Muhammad Fasya
6. Muhammad Hilmy Maulana
7. Aditya Fattah

Medali Perak
1. Muh. Fachri Umar
2. Naysa Aura Pratiwi
3. Muhammad Rafa Husaifah
4. Mentari Azzahra Putri Maulana

Medali Perunggu
1. Eky Putra Pratama
2. Muhammad Fitrah
3. Afifah Salsabila Ali

Bugispos.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya