Nikmati Air Bersih, Bupati Maros Turun Langsung ki Tinjau Instalasi

16 January 2023 08:26
Nikmati Air Bersih, Bupati Maros Turun Langsung ki Tinjau Instalasi
Bupati Maros, Chaidir Syam pun turun langsung meninjau instalasi yang tersedia di Desa Bonto Bahari, Sabtu (14/01/2023).

BugisPos, Maros — Masyarakat desa Bonto Bahari Kecamatan Bontoa kini sudah bisa menikmati layanan air bersih.

Ada sekitar 60 unit rumah yang kini sudah memiliki instalasi air bersih seperti terlihat di dua dusun, Baji Areng dan Cambayya.

Bupati Maros, Chaidir Syam pun turun langsung meninjau instalasi yang tersedia dari Program Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (Pamsimas) itu.

Ia sekaligus meresmikan dan serah terima Pamsimas Anggaran Tahun 2022 “POKMAS BOBA JAYA” di Desa Bonto Bahari, Sabtu (14/01/2023).

Bupati Maros menjelaskan, program penyediaan air bersih terutama untuk masyarakat pesisir terus menjadi fokus dari Program Pemerintahannya di periode ini.

Apalagi, menurutnya, selain Bonto Bahari, ada 10 Desa dan Kelurahan yang telah tersentuh program Pamsimas dan saat ini sementara diusulkan 16 desa di tahun 2023.

Ia pun meminta agar masyarakat Bonto Bahari bisa memanfaatkan dengan baik serta menghemat air bersih yang sudah mengalir ke rumah warga.

Ia juga berharap, terkait rumah lain yang belum tersentuh di Bonto Bahari ini, tentunya ke depan akan terus diupayakan bersama Kelompok Pengelola Sistem Penyediaan Air Minum (KPSPAM) bersama pihak Desa.

Chaidir juga menekankan yang terpenting bagaimana pemeliharaan dari sarana air minum yang dikelola KP SPAM. Beberapa contoh desa sudah menjadi percontohan untuk pengelolaan air minum seperti di desa Salenrang.

Selain Bonto Bahari, dihari yang sama Bupati juga menghadiri serah Terima kegiatan Program Pamsimas Tahun Anggaran 2022. Di Pokmas AL-IKHLAS di Desa Bonto Tallasa Kec. Simbang. Ada 65 unit rumah yang terpasang instalasi saluran air bersih.

Koordinator Pamsimas Kabupaten Maros, Nurkhalis menjelaskan sumber air diambil dari desa tetangga dengan panjang saluran 4750 meter ditambah pompa boster.

Selain itu, dalam program ini juga dilakukan Peningkatan kapasitas pelatihan Kelompin Masyarakat dan kelompok pengelola sistem penyediaan air minum.

Nurkhalis menjelaskan air yang tersalur ini sudah melalui 2 kali pengambilan sampel air, sebelum disalurkan ke rumah masyarakat sehingga kebersihannya terjamin. (*/Abrar)

Editor : Syahrul Gunawan

185 Views

Bugispos.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya