Sekda Abustan, Pelatihan Potensi SAR 2023 Dapat ki Melahirkan SDM Handal dan Profesional

06 March 2023 14:56
Sekda Abustan, Pelatihan Potensi SAR 2023 Dapat ki Melahirkan SDM Handal dan Profesional 
Sekda Abustan, Pelatihan Potensi SAR 2023 Dapat Melahirkan SDM Handal dan Profesional

BugisPos, Barru — Pembukaan Pelatihan Potensi SAR Tahun 2023 Tehnik Pertolongan di Permukaan Air (Water Rescue), Lantai 6 MPP Kantor Bupati Barru (06/03/2023)

Mewakili Bupati Barru, Sekretaris Daerah Dr. Ir. Abustan, M.Si membuka Pelatihan Potensi SAR Tahun 2023 Tehnik Pertolongan di Permukaan Air (Water Rescue) dengan tema “Melalui Pelatihan Potensi SAR Tahun 2023 Kita Tingkatkan Kapabilitas Tenaga Potensi SAR Yang Handal dan Profesional Terutama dalam Bidang Pertolongan di Perairan”.

Diawal sambutannya Sekda Barru menyampaikan Permohonan Maaf dan salam hormat dari bapak Bupati karena Beliau masih melaksanakan tugas yang sangat penting di jakarta dan memberikan amanah kepada dirinya untuk hadir dalam kegiatan ini.

Selanjutnya, memberikan Ucapan Selamat datang di Kabupaten Barru kepada Kepala Kantor Basarnas Sulawesi Selatan beserta Rombongan dan Peserta yang berasal dari beberapa Kabupaten/Kota.

Dr. Abustan memaparkan bahwa Posisi Kab. Barru dengan garis pesisir pantai sepanjang 78 km, kemudian anomali curah hujan yang sangat tinggi sangat berpotensi dan memiliki kerawanan sangat tinggi akan bencana seperti ombak tinggi, banjir, sehingga Pelatihan ini sangat penting ini untik membackup ketika terjadi musibah atau bencana lainnnya.

Dalam sambutan bupati barru yang dibacakannya “bahwa Kegiatan ini merupakan salah satu kegiatan prioritas untuk meningkatkan sumber daya manusia dibidang SAR di wilayah kerja kantor Basarnas Sulsel dan bertujuan agar pelayanan SAR kepada masyarakat bisa lebih profesional dan dapat berdayaguna secara optimal”

“Saya yakin dengan kegiatan pelatihan potensi SAR ini akan menjadikan insan SAR yang handal dan profesional sehingga kita dapat menjadi sebuah kekuatan yang handal dalam menghadapi berbagai kecelakaan, bencana, dan kondisi membahayakan manusia yang kemungkinan terjadi di provinsi Sulawesi Selatan ini, ” Ucap Abustan.

Lebih lanjut, SAR merupakan tugas dan tanggung jawab negara yang dilaksanakan oleh pemerintah bersama-sama dengan masyarakat secara terpadu dan terkoordinasi sesuai dengan tujuannya yaitu menyelamatkan jiwa manusia sebanyak mungkin apabila terjadi suatu kecelakaan, bencana, dan kondisi membahayakan manusia.

Sekda Barru juga mengatakan “Mencermati fenomena alam di indonesia yang terjadi saat kita ikut merasa prihatin, dengan terjadinya beberapa kecelakaan transportasi baik darat, laut, udara dan ditambah lagi bencana banjir, gempa bumi, tanah longsor, Tsunami, kebakaran dan lain-lain. hal ini mengisyaratkan kepada kita bahwa kedepan tugas Search and Rescue akan semakin berat.

“Kegiatan pelatihan ini adalah salah satu bentuk antisipasi untuk mempersiapkan diri guna pelaksanaan operasi SAR setiap saat yang mungkin akan terjadi, Pelatihan potensi ini sangat diperlukan mengingat SAR adalah tanggung jawab bersama bagi semua komponen bangsa,” Tegas Mantan Kepala Bapelitbanda ini.

Diakhir Sambutan, Pak Sekda memberikan Apresiasi kepada Basarnas Sulsel atas ditunjuknya Kabupaten barru menjadi tempat pelatihan potensi SAR, juga menambahkan Pemerintah Kabupaten Barru siap apabila ditunjuk menjadi Pusat Pelatihan Water Rescue selanjutnya membuka secara resmi kegiatan ini.

Sebelumnya Kepala Kantor Basarnas Sulsel Dr. Djunaedi, S.Sos, M.Si dalam sambutannya sangat mengapresiasi Pemerintah Kabupaten Barru untuk menjadi tempat pelatihan dan ke depan Kami akan membentuk Satu Pos SAR di Kabupaten Barru.

Dia berharap agar para peserta bisa menangkap ilmu yang diberikan oleh Instruktur handal sehingga kegiatan ini bisa memberikan pertolongan sampai keluar negeri yang membutuhkan pertolongan saat terjadi bencana.

Kegiatan ini akan berlangsung selama 7 hari dari tanggal 5 s/d 11 Maret 2023 diikuti oleh 50 peserta perwakilan dari Kabupaen Barru, Kab. Pangkep, Kab.Maros, Kab. Pinrang, Kab. Sidrap, Kota Parepare dan melibatkan 10 Instruktur dari Kantor Basarnas.

Tampak hadir dalam kegiatan Kompol Muh. Ridwan (Kabagops Polres Barru), Letda Inf. Agus Bakri (Danramil 1405-04/Soppeng Riaja), Wifa Justitia, S.H (Jaksa penuntut umum pada kejaksaan Negeri Barru), dr. Amis Rifai M.Kes (Kadis Kesehatan Kab. Barru), Andi muhammad Nur S,Sos,M.M (Sekretaris Dishub Kab. Barru), Drs.Jalil A.Mappiare (Kasatpol PP, Damkar dan Penyelamatan), Umar S, SKM,., M.Kes (Kalaksa BPBD Kab. barru). (Hms/ARM)

Editor : Mahyul

170 Views

Bugispos.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya