Mantap, Kemenkes Akui Keberhasilan Barru Turunkan Angka Stunting

08 March 2023 16:47
Mantap, Kemenkes Akui Keberhasilan Barru Turunkan Angka Stunting
Kemenkes Akui Keberhasilan Barru Turunkan Angka Stunting

BugisPos, Barru — Kunjungan Kerja Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin tiba di Kabupaten Barru menggunakan helikopter milik TNI Angkatan Udara dengan mendarat di Pelabuhan Garongkong, Rabu (8/03/2023).

Dalam kunjungannya, Ia disambut Bupati Barru Ir. H.Suardi Saleh,M.Si bersama Unsur Forkppimda, Pengurus TP PKK Kabupaten Barru, Beberapa pejabat daerah lingkup Pemerintah Kabupaten Barru.

Sementara rombongan Menkes ditemani Indri Yogyaswari (Kepala Pusat Sistem dan Strategi Kesehatan) bersama Yuni Zahraini (Ketua Tim Kerja Gizi Direktorat Kesehatan Masyarakat) Dewi Nur Aisyah (Staff Digital Transformation Office Kemenkes) Sisca Wiguno (Staf Pusat Sistem dan Strategi Kesehatan) serta Kiki Putera Komajaya (Asisten Eksekutif Menteri Kesehatan)

Di Desa Lampoko Kec. Balusu Menkes melakukan agendanya dengan meninjau posyandu kembang sepatu, kemudian menuju Puskesmas Padongko Kecamatan Barru.

Mantan Ketua Satgas Covid dan Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) menyempatkan diri singgah di Oulet BPJS Kesehatan MPP Barru yang ada di Mall Pelayanan Publik(MPP)

Acara terakhir di Ruang rapat Bupati Lantai 5 MPP, Bupati Barru mengawali sambutannya dengan mengucapkan selamat datang Menteri Kesehatan di Kabupaten Barru, kunjungan Bapak di Barru dapat membawah berkah di Daerah ini, ucapnya

“Penanganan Stunting telah dilakukan berbagai upaya, termasuk keterlibatan kader dan pemangku kepentingan lainnya dalam stunting ini juga cukup baik. Termasuk pemberian protein seperti telur yang betul-betul sampai dimulut,” ungkapnya.

Ada juga Inovasi yang dilakukan Ibu Ketua TP PKK Barru yang juga Anggota Komisi IX sangat membantu penurunan stunting, diantaranya Duta Parenting dan Dapur stunting serta gerakan one day one egg.

Lanjut Bupati dua priode ini bahwa sesuai janji yang dituangkan dalam visi dan misi Bupati bahwa pentingnya rumah tunggu pasien. Terbukti sekarang sudah ada di Makassar, Jadi keluarga pasien yang tidak memiliki tempat tinggal di Makassar, kami siapkan lengkap dengan mobilnya.

Dari 24 kabupaten/kota, Barru menjadi Kabupaten yang terendah angka stunting di Sulsel. Angka Stunting dari 26,40% pada tahun 2021 turun secara signifikan 14,10% di tahun 2022, demikian Laporan Bupati Barru kepada Menteri Kesehatan.

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin dalam penyampaiannya, bahwa keadaan stunting mengalami penurunan yang sangat baik, ini berkat dari informasi Ibu Bupati yang juga Anggota Komisi IX. Olehnya ia mengaku kedatangannya di Barru untuk memastikan informasi angka stunting di Barru turun karena beliau.

“Saya datang ke Barru dari Jakarta itu ingin memastikan apakah Barru sesuai dengan informasi yang di berikan dan ternyata komitmennya luar biasa terhadap penurunan stunting dan itu betul serta memang dilengkapi dengan data yang akurat,” ungkapnya. (Hms/ARM)

Editor : Mahyul

338 Views

Bugispos.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya