Tauwwa BAZNAS Bulukumba Salurkan ki Bantuan Untuk Masjid dan Distribusikan Ribuan Paket.

28 March 2023 17:25
Tauwwa BAZNAS Bulukumba Salurkan ki Bantuan Untuk Masjid dan Distribusikan Ribuan Paket.

BugisPos, Bulukumba.- Bulan Ramadan 1444 H, Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kabupaten Bulukumba menyaluran bantuan dana sebesar Rp 10 juta rupiah untuk 10 masjid per kecamatan di Kabupaten Bulukumba.

Selain dana bantuan untuk masjid,BAZNAS Bulukumba juga mendistribusikan paket Ramadan bahagia berisi sembako untuk masyarakat.

Kegiatan tersebut dikemas dalam bentuk Safari Ramadan yang dilaksanakan Pemerintah Kabupaten Bulukumba bersama BAZNAS sejak Minggu 26 Maret 2023 sampai sepuluh hari kedepan.

Ketua II BAZNAS Bulukumba, Bidan Pendistribusian dan Pendayagunaan Zakat, Muh. Yusuf Sandi, memaparkan bantuan dana untuk 10 masjid yang tersebar di 10 kecamatan tersebut akan didistribusikan dalam bentuk barang, sesuai dengan kebutuhan masing-masing masjid.

“Yang pasti nominal bantuan dana untuk masjid senilai 10 juta tiap masjid. Hal ini tentu berdasar dari Rencana Anggaran Biaya (RAB) yang diajukan masing-masing pengurus masjid penerima bantuan ini,” sebut Ustad Yusuf.

Ustad Yusuf menambahkan, bantuan tersebut akan didistribusikan dan disalurkan dalam bentuk barang setelah bulan Ramadan 1444 H.

Selain bantuan dana untuk masjid, BAZNAS Bulukumba juga menyalurkan 1.360 paket Ramadan berisi sembako yang disebar ke 136 desa dan kelurahan se-kabupaten Bulukumba.

“Paket Ramadan ini diperuntukkan bagi masyarakat Bulukumba dengan kategori, keluarga pra sejahtera, guru mengaji tradisional dan marbot masjid,” jelasnya.

Disebutkan, masing-masing desa dan kelurahan mendapat bagian 10 paket Ramadan untuk disalurkan kepada para penerima manfaat yang masuk kategori.

Sementara itu, Ketua BAZNAS Bulukumba, Kamaruddin menjelaskan, Safari Ramadan memang tiap tahun dilaksanakan, hanya saja tahun ini teknis penyalurannya dilaksanakan secara bersamaan dengan Pemerintah Kabupaten.

Kamaruddin mengatakan, bantuan dana untuk masjid senilai Rp 10 juta tersebut, merupakan dana hibah dari APBD yang dititip di BAZNAS Bulukumba untuk dikelola kemudian disalurkan.

Selain itu, BAZNAS Bulukumba juga menyediakan paket Ramadan berupa sembako untuk disalurkan kepada keluarga pra sejahtera, marbot masjid dan guru mengaji.

” Paket Ramadan untuk marbot dan guru mengaji ini merupakan apresiasi dari BAZNAS Bulukumba agar mereka bisa semakin bersemangat dan termotivasi, jelasnya.

Meski paket Ramadan ini nominalnya kecil, namun kata Kamaruddin, paling tidak para penerima manfaat bisa mendapat perhatian Pemerintah Kabupaten Bulukumba melalui BAZNAS,” ucapnya saat ditemui.

Kegiatan pendistribusian paket Ramadan ini, merupakan metode transparansi pengelolaan zakat dan infaq yang dikelolah oleh BAZNAS Kabupaten Bulukumba.

“Disamping mustahiq dapat menerima bantuan, masyarakat secara luas juga bisa termotivasi agar semakin banyak yang berzakat baik melalui BAZNAS maupun lewat lembaga resmi yang ada di kab. Bulukumba,” tutup Kamaruddin.(*)

Editor Suaedy

185 Views

Bugispos.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya