Bugispos.com Mantap, Jokowi Datangi ki Stand Pameran Bulukumba, Ketua Dekranasda Kenalkan Pinisi dan Wisata Tanjung Bira
29 March 2023 16:27

Mantap, Jokowi Datangi ki Stand Pameran Bulukumba, Ketua Dekranasda Kenalkan Pinisi dan Wisata Tanjung Bira

Rabu, 29 Maret 2023 16:26

BugisPos, Bulukumba,- Presiden Republik Indonesia (RI) Joko Widodo (Jokowi) bersama Ibu Iriana berkunjung ke Provinsi Sulawesi Selatan, Rabu 29 Maret 2023.

Diantara agenda kunjungannya, Presiden RI Jokowi menuju Depo Kereta Api Maros untuk meresmikan tempat tersebut sekaligus meresmikan Pengoperasian Jalur Kereta Api Lintas Makassar-Parepare Antar Maros-Barru.

Kepala Negara dua periode tersebut kemudian menaiki kereta api menuju Stasiun Rammang- Rammang. Di Stasiun Rammang-Rammang ini, Presiden Jokowi bersama Ibu Iriana yang didampingi Gubernur Sulawesi Selatan Andi Sudirman Sulaiman meninjau fasilitas stasiun dan stan pameran usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) dari beberapa daerah, termasuk Kabupaten Bulukumba.

Saat Presiden dan rombongan meninjau stan Bulukumba, Gubernur Sulawesi Selatan bersama Ketua Dekranasda Bulukumba Andi Herfida Attas memperkenalkan produk dari Kabupaten Bulukumba.

“Pak Gubernur menyampaikan bahwa Perahu Pinisi yang dilihat di beberapa wilayah seperti Raja Ampat berasal dari Kabupaten Bulukumba. Kita juga mengenalkan potensi wisata pasir putih Tanjung Bira,” kata Andi Herfida Attas.

Setelah mendapat penjelasan, Presiden Jokowi pun memerintahkan ajudannya untuk menanyakan lebih detail tentang Bulukumba, termasuk jarak tempuh dari Makassar ke Bulukumba serta fasilitas yang ada di destinasi wisata Tanjung Bira.

“Kami (Dekranasda Bulukumba) bersyukur mendapat kesempatan ikut di pameran ini dan bertemu secara langsung Bapak Presiden Jokowi beserta Ibu Iriana,” imbuh Herfida Attas yang juga menjabat Kepala Dinas Kebudayaan Makassar ini.

Menurutnya kesempatan seperti itu menjadi ajang promosi memperkenalkan berbagai produk UMKM Bulukumba.

Untuk diketahui, dalam kunjungan kerja Presiden Jokowi, Dekranasda Bulukumba ikut ambil bagian. Pada pameran di Stasiun Rammang Rammang itu, produk-produk unggulan Kabupaten Bulukumba dipamerkan, terutama kerajinan tenun dari Kajang dan Bira dan sejumlah produk UMKM.

“Alhamdulillah sejak kemarin kami berada di Maros untuk persiapan pameran yang berlangsung hari ini,” ujar Sekretaris Dekranasda Hj. Hamrina Andi Muri

Menariknya, kata Hj. Rina, tim Dekranasda baru melakukan loading di lokasi pameran, sudah ada baju labbu dari Bira yang laku terjual. Dan pembelinya adalah istri Menteri Perhubungan RI Endang Budi Karya Sumadi.

“Ibu Menteri langsung melihat produk-produk dari Bulukumba dan sangat terkesan dengan tenun juga baju labbu,” terang Hamrina.

Selain tenun dan baju labbu ada juga miniatur Pinisi yang dipamerkan dan kerajinan dari tanaman lontar.

Soal desain, Hamrina menyampaikan ke Ibu Menteri bahwa Dekranasda Bulukumba sudah bekerjasama dengan desainer untuk rancangan busana dari tenun Kajang dan Bira agar bisa menjadi inspirasi bagi masyarakat.

“Alhamdulillah kehadiran Dekranasda Bulukumba tentu karena dukungan penuh Ibu Ketua Dekranasda Bulukumba Andi Herfida Attas. Beliau sangat bersemangat memajukan Bulukumba melalui peran serta Dekranasda,” ungkapnya.

Selain Bulukumba, beberapa kabupaten lain juga diundang mengikuti pameran, yaitu Maros, Pangkep, Gowa, Bone, Wajo, dan Bantaeng.(*)

Editor Suaedy

Author : BugisPos.com

Loading Comment
BERITA LAINNYA
POPULAR

JUMAT , 26 JULI 2024