Resmikan ki KA Jalur Makassar – Pare-pare, Jokowi: Bismillahirrahmanirrahim

29 March 2023 17:37
Resmikan ki KA Jalur Makassar – Pare-pare, Jokowi: Bismillahirrahmanirrahim

BugisPos, Maros — Presiden RI, Joko Widodo akhirnya meresmikan pengoperasian jalur Kereta Api trans sulawesi jalur Makassar-Pare pare antar Maros-Barru dan depo KA Maros, Rabu (29/03).

Saat peresmiannya, Jokowi didampingi langsung oleh Menko Maritim, Luhut Panjaitan, Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman serta Bupati Maros, Chaidir Syam bersama Walikota Makassar, Danny Pomanto.

Presiden dua periode ini dalam sambutannya mengakui jika pemerintah sangat terlambat dalam pelaksanaan transportasi massal berupa kereta api. Menurutnya, sejumlah kota di Indonesia dapat diatasi kemacetannya apabila transportasi massal cepat dilaksanakan.

“Kita ini terlambat dalam melaksanakan transportasi massal, padahal itu hal yang sangat bassic untuk menghubungkan antar provinsi, kabupaten kota, tentu saja yang kita pilih yang paling murah, oleh sebab itu kereta api menjadi hal itu sangat dasar untuk di bangun,” katanya Jokowi dalam sambutannya.

Saat itu, kata Jokowi, dirinya diberikan pilihan untuk membangun kereta api, apakah di Kalimantan atau di Sulawesi dan pilihannya adalah Sulawesi karena saat itu sudah ada anggarannya untuk multi years.

“Pada saat saya perintah, udah kita fokus dulu apakah di Kalimantan atau di Sulawesi? diputuskan di Sulawesi, karena kalau tidak, semua orang nanti naik mobil pribadi tidak ada yang mau menggunakan transportasi massal akhirnya seperti apa yang kita lihat, keterlambatan transportasi massal, akhirnya macet di sejumlah kota saat ini, tidak hanya di Jakarta, di Medan, Bandung, Surabaya, Makassar macet semua, karena kita lambat membangun transportasi publik. Di Jakarta terlambat 30 tahun,” ujarnya.

Jokowi memastikan jika jalur Kereta Api Trans Sulawesi ini nantinya akan menyambungkan seluruh provinsi di Sulawesi.

“Jalur kereta api trans Sulawesi yang nantinya insyaallah akan menyambungkan dari Makassar sampai ke Sulawesi Utara di Manado, meskipun sekarang ini baru dari Makassar sampai Pare pare. dan yang sekarang yang kita resmikan ini jalur dari Maros ke Barru. Jadi ini Makassar kemudian ke Pare pare. ini kalau nanti betul-betul,” ujarnya.

“Dengan mengucap bismillahirrahmanirrahim, pada siang hari ini saya resmikan pengoperasian jalur kereta api makassar-parepare antar maros-barru dan depo KA maros”, sambungnya. (*)

Editor : Syahrul Gunawan

475 Views

Bugispos.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya