Tawwa! Alya Siswi SD Negeri Balang Baru Makassar Juara Dua ki Di O2SN Tingkat Kota Makassar

09 July 2023 02:21
Tawwa! Alya Siswi SD Negeri Balang Baru Makassar Juara Dua ki Di O2SN Tingkat Kota Makassar 

BugisPos, Makassar — Prestasi membanggakan berhasil diraih oleh siswi SD Balang Baru Makassar di ajang Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) Tingkat Kota Makassar Tahun 2023, Dia Nur Waliyatul Mursyidah Tumengkol.

Alya panggilan akrabnya, berhasil meraih peringkat dua atau medali perak di cabang olahraga pencak silat kategori tanding dan solo kreatif dari seluruh atlet SD se- Kota Makassar yang dilaksanakan di aula Kantor Dinas Pendidikan Kota Makassar, Kamis 6/7/2023

Raihan tersebut merupakan prestasi yang ke tiga kalinya di ajang olahraga beladiri, dimana sebelumnya pernah meraih juara 2 pada kejuaraan Taekwondo dan juara 1 pada Turnamen Nasional Pencak Silat Tapak Suci Rektor UINAM Cup VI tahun 2022.

Setelah lolos mewakili Kecamatan Tamalate pada seleksi O2SN dan meraih medali perak pada seleksi tingkat Kota Makassar, Nur Waliyatul Mursyidah Tumengkol mengaku bahagia dan bangga karena berhasil dapat meraih prestasi ini walaupun harus kandas di babak final Tingkat Kota.

Bagi Alya, prestasi yang telah diraihnya bukanlah pencapaian akhir, melainkan awal dari proses meraih prestasi berikutnya.

“Saya ingin seperti ayah bisa sampai ke nasional mewakili Sulsel untuk PON, bahkan mau lebih dari prestasi ayah, insya Allah,” terangnya.

Pernyataan tersebut bukan tanpa alasan karena Alya termotivasi dengan ayahnya yang merupakan mantan atlit PON mewakili Sulsel pada PON XV Surabaya.

Diusia masih belia dia telah terjun ke dunia pencak silat sejak duduk di kelas 3 SD dan mengikuti berbagai kejuaraan. Pengalaman tersebut disandingkan dengan kerja keras yang tiada mengenal lelah.

Nur Waliyatul Mursyidah Tumengkol merupakan salah satu siswa dari Perguruan Tapak Suci Putera Muhammadiyah Cabang Maccini Sombala.

Mengasah bakat dan minat Adalah sebuah Kebahagiaan

Bagi Alya yang merupakan anak ke dua dari Ayah Rachmat Tumengkol, SE dan Ibu Sadrianah, S.Pd.I, pencak silat bukan hanya sekadar olahraga bela diri, tapi sarana mengembangkan minat, bakat, dan tiket untuk membanggakan orang tua.

“Menjadi juara adalah sebuah kebahagiaan karena dengan juara saya bisa membahagiakan kedua orang tua saya,” ucapnya.

Ayah dan Ibu Sebagai Sosok Inspiratif

Dalam menggeluti bidang pencak silat, Alya memiliki sosok yang menginspirasi. Sosok tersebut adalah Rachmat Tumengkol adalah ayahnya sendiri, yang merupakan mantan atlit Sulsel pada PON XV Surabaya tahun 2000, dan Ibunya Sadrianah yang berprofesi sebagai seorang guru yang juga salah satu Kader Tapak Suci Putera Muhammadiyah.

“Ayah dan Ibu adalah penyemangat bagiku untuk terus berjuang,” katanya.

Mendapat Dukungan dari Sekolah dan Pemerintah Setempat

Selain inspirasi, Alya dalam meraih prestasinya tak lepas dari peran sekolah. Sebab, sekolah sangat mendukung dengan memberikan izin, memfasilitasi, dan memberi pembinaan.

Dengan restu kepala sekolah, dan segenap para guru di SD Negeri Balang Baru Makassar yang diamanahkan kepada guru olahraganya yakni bapak Madjid Muddin, S.Pd

Dukungan dari pihak sekolah sejak mulai mengikuti seleksi tingkat kecamatan sampai pada pertandingan O2SN tingkat Kota, bahkan beberapa persyaratan administrasi dan kelengkapan berkas lainnya diurus oleh guru olahraganya dan juga setia mendampingi Alya sampai meraih medali perak.

Selain restu dan dukungan dari sekolah, Alya juga didukung penuh oleh pemerintah setempat, mulai dari Pemerintah Kelurahan Maccini Sombala dalam hal ini bapak lurah Maccini Sombala Saddam Musma, dan juga pemerintah kecamatan yakni Camat Tamalate H. Emil Yudianto

“Terimakasih kepada bapak Kepala Sekolah dan para guru-guru saya serta bapak Lurah Maccini Sombala dan Bapak Camat Tamalate atas dukungan dan supportnya selama ini terkhusus kepada bapak Madjid Muddin guru olahraga saya yang sudah meluangkan waktunya untuk mendampingi saya mulai dari seleksi sampai pertandingan O2SN tingkat Kota Makassar.

Dihubungi secara terpisah usai pendampingan atlet O2SN Madjid Muddin selaku guru olahraga SD Negeri Balang Baru Makassar menuturkan bahwa prestasi yang diraih Alya merupakan kebanggaan bagi sekolah. Sebab, tak banyak siswa yang mampu meraih prestasi di ajang Olimpiade Olahraga Siswa Nasional tersebut.

Dia juga mengatakan hal ini menjadi bukti optimalnya pembinaan minat dan bakat siswa melalui ekskul di SD Negeri Balang Baru Makassar yang terbagi dalam beberapa bidang.

“Bagi kami, pelatih lah yang juga banyak berkontribusi atas raihan prestasi anak-anak didik kami, karena merekalah yang mengasah bakat dan minat mulai dari latihan sampai pada tahap seleksi dan pertandingan”. Tutupnya

227 Views

Bugispos.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya