Zulkarnain Hamson : Tappa’ka Tauwwa Guru SLB

05 September 2023 20:06
Zulkarnain Hamson : Tappa’ka Tauwwa Guru SLB

BugisPos, Makassar — Direktur Pusat Pendidikan dan Latihan (Pusdiklat) Jurnalis Online Indonesia (JOIN) Nasional Zulkarnain Hamson, S.Sos.,M.Si mengaku sangat kagum dengan para guru Sekolah Luar Biasa (SLB).

Kekagumannya ini disampaikan melalui testimoni menjelang berakhirnya Workshop Peningkatan Kapasitas SDM para guru dan tenaga kependidikan SLB, Selasa (5/9/2023) di SLBN 2 Jalan Pahlawan nomor 10 Bulurokeng Makassar.

Bang Zul demikian akrabnya disapa, menyampaikan bahwa guru-guru SLB memiliki kelebihan dalam hal menangkap arahan dan juga memiliki kekompakan.

Ini membuktikan, sebut Bang Zul, mereka memiliki kekompakan dan biasa bekerja sama satu sama lain.

“Seperti yang saya sampaikan ke Kepala Sekolah tadi, bahwa sudah banyak guru dan sekolah yang didalamnya saya menjadi mentor, tapi para guru di SLB ini sangat luar biasa. Membuat yel-yel kelompok hanya dalam beberapa menit saja sudah sangat kompak, padahal waktu yang diberikan sangat sedikit,” terangnya.

“Di tempat lain biasanya dilakukan berulang-ulang dan masih salah. Ini menandakan karakter building untuk guru SLB sudah terbentuk,” ungkap Bang Zul yang juga akademisi ini.

“Tappa’ka Tauwwa (percaya dengan kemampuan) sama guru SLB,” pungkasnya seraya melirik ke salah satu fasilitator yang juga jurnalis tersebut.

Mendengar hal tersebut Kepala UPT SLBN 2 Makassar Jamaluddin, SPd.,M.Pd mengaku bersyukur karena workshop untuk peningkatan SDM yang selama ini dilakukan walaupun skalanya cuma skala internal sekolah ternyata memiliki dampak juga.

Ia juga menyampaikan apresiasinya kepada Direktur Pusdiklat JOIN Nasional Zulkarnain Hamson yang telah memberikan waktu dan ilmunya untuk peningkatan SDM para guru SLB.

“Dan ini tidak menggelinding begitu saja, namun ini adalah program kerja yang merupakan masukan dari para guru,” ungkapnya.

“Program peningkatan SDM guru utamanya terkait kehumasan ini sudah kita rancang sejak November dan Desember lalu dan Alhamdulillah hari ini dapat berlangsung dengan pemateri nasional,” tambahnya.

“Mengulang kata ibu Kabid tadi, Kegiatan Workshop Peningkatan Kapasitas SDM di SLB ini ternyata memiliki skala provinsi Sulawesi Selatan dan Insyah Allah ke depan kegiatan semacam ini kita undang para kepala sekolah,” lanjut Jamal yang juga Ketua IGPKhI Sulsel ini.

“Dan yang luar biasanya, ternyata SLBN 2 merupakan SLB pertama yang melakukan workshop semacam ini,” pungkasnya.

Workshop yang dibuka oleh Kepala Bidang Pendidikan Khusus Layanan Khusus Bahasa dan Sastra Daerah (PKLK BSD) Dinas Pendidikan Provinsi Sulawesi Selatan Andi Mashari, S.Pd.,M.Si dihadiri oleh Kepala Seksi SMK dan PKLK Cabang Dinas wilayah 1 Hamran, S.Pd.,MM, Kepala UPT SLBN 1 Pembina Makassar Andi Hamjan, S.Pd., M.Pd, Kepala SLB Reskiany Andi Nur Fatimah, Kepala SLB Arnadya Hj. Arniati dan sejumlah pendidik dan tenaga kependidikan dari SLB 1 dan 2.

748 Views

Bugispos.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya