BugisPos

Kepala DPPPA Makassar Dorang ki Industri Media Taat Kode Etik Isu Perempuan

Kepala DPPPA Kota Makassar, Achi Soleman.

BugisPos.com, Makassar – Kepala DPPPA Kota Makassar, Achi Soleman mendorong industri media dan pers menyajikan sebuah informasi positif yang dapat mengedukasi khalayak tentang isu kekerasan perempuan dan perlindungan anak di Kota Makassar.

Hal itu diungkapkan dalam diskusi tentang implementasi perlindungan perempuan dan anak di Hotel Karebosi Premier, Makassar.

“Kita mendorong media agar menghasilkan berita bernuansa positif, berempati kepada korban dan tentu netral pemberitaan terkait dengan isu kekerasan perempuandan anak,” kata Achi Soleman, Selasa (27/2/2024).

Ia menilai bukan hanya sekedar menyajikan informasi, tetapi kode etik pemberitaan dan diksi yang digunakan soal kasus kekerasan harus benar-benar memberikan edukasi kepada masyarakat.

“Ini penting, kode etik pemberitaan, edukasi tentang kekerasan perempuan dan anak itu harus berimbang. Bukan hanya korban saja diberitakan, tetapi pelaku pun demikian,” ucapnya.

Jangan sampai hal ini tidak tersosialisasikan dengan bagus, sehingga nantinya masih ada persepsi ketika korban diberitakan muncul terus menerus padahal pelakunya itu tidak dimuat.

“Nah, Persepsi inilah yang harus dibangun dikalangan pers dan kami berharap media online dapat memberikan wawasan positif, edukasi terhadap pembaca tentang isu-isu perlindungan perempuan dan anak,” jelas Achi.

Kendati ada hal-hal negatif dalam sebuah pemberitaan, tidak ditelan mentah-mentah oleh netizen. Ya Kita selaku pembaca punya wawasan lebih bagus berwawasan positif.(Sil)

Exit mobile version