Pemkab Sinjai Gelar mi Musrenbang RPJPD

14 May 2024 19:16
Pemkab Sinjai Gelar mi Musrenbang RPJPD

BugisPos, Sinjai – Pemerintah Kabupaten Sinjai menggelar Musyawarah Perencanaan Pembangunan (MUSRENBANG) Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) 2025-2045 di ruang pola kantor bupati tanassang, selasa (14/05/ 2024).

Musrenbang RPJPD ini adalah forum antar seluruh stakeholder pembangunan lingkup kabupaten sinjai yang dilakukan sebagai salah satu perwujudan dari pendekatan partisipatif dalam membahas rancangan dokumen rpjpd menjadi rancangan rpjpd , yang secara garis besar berisikan penajaman, penyelarasan, klarifikasi dan kesepatan terhadap visi misi, arah kebijakan dan sasaran pokok rpjpd.

Musrenbang rpjpd ini dibuka langsung Penjabat Bupati Sinjai T.R. Fahsul Falah S.Sos.,M.Si, dan turut dihadiri Pj Gubernur Sulsel yang diwakili Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga H. Suherman, SE., MM serta sejumlah unsur eksekutif, legislatif dan pemangku kepentingan lainnya.

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan daerah (BAPPEDA) yang juga sekaligus ketua panitia Musrenbang Haerani Dahlan S.IP., M.Si menyampaikan Penyelenggaraan musrenbang ini adalah tahapan untuk memperoleh saran dan masukan dari seluruh pemangku kepentingan agar pembangunan daerah berjalan sebagaimana yang diharapkan.

“Penyelenggaraan acara musrenbang hari ini sebagai bagian dari tahapan substantif yg wajib dilalui dalam penyusunan RPJPD yang bertujuan untuk mendapatkan saran dan masukan dari seluruh pemangku kepentingan pembangunan daerah yang hasilnya akan menjadi input dalam proses penyempurnaan rancangan menjadi rancangan akhir RPJPD”ujar Haerani

Sementara itu dalam sambutan Pj Gubernur Sulsel yang dibacakan Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Sulawesi Selatan H. Suherman, SE., MM disampaikan bahwa forum dialog ini wajib dilaksanakan untuk menyempurnakan rpjpd. Ia juga menyampaikan perlunya integritas dan fokus, dari seluruh pemangku kepentingan.

Pemprov sulsel juga membeberkan targetnya 2025-2045 adalah menyusun kerangka berfikir untuk mewujudkan indonesia emas, dengan lebih dulu mewujudkan sulsel mandiri maju dan berkelanjutan.

“Untuk mencapai hal tersebut dibutuhkan kerja yang integritas, terpadu pada seluruh sektor pemerintahan. pada Musrenbang inilah diperlukan kebijakan pusat yang selaras dengan kebutuhan masyarakat”ujarnya

Lewat musrenbang ini, Pj Bupati Sinjai T.R. Fahsul Falah S.Sos.,M.Si, berharap rpjpd yang menjadi dokumen induk ini dapat menjawab seluruh tantangan dan bermanfaat bagi seluruh stakeholder.

“Saya sangat berharap dengan rpjpd ini dapat menjawab tantangan baik lokal regional nasional maupun yang terjadi dalam hiruk pikuk dunia internasional” ujar Pj Bupati sinjai. (Adv)

Penulis : Muhammad Rasyid

57 Views

Bugispos.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya