Dewan Eksekutif Mahasiswa STAI DDI Maros Gelar ki Pelatihan Karya Tulis Ilmiah

11 June 2024 15:08
Dewan Eksekutif Mahasiswa STAI DDI Maros Gelar ki Pelatihan Karya Tulis Ilmiah
Pelatihan Karya Tulis Ilmiah (KTI) yang digelar pada tanggal 26 Mei dan 7-9 Juni 2024 yang diselenggarakan di Aula Kampus STAI DDI Maros, di Maccopa, Kabupaten Maros.

BugisPos, Maros — Dewan Eksekutif Mahasiswa (DEMA) Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) DDI Maros menggelar Pelatihan Karya Tulis Ilmiah (KTI) yang digelar pada tanggal 26 Mei dan 7-9 Juni 2024 yang diselenggarakan di Aula Kampus STAI DDI Maros, di Maccopa, Kabupaten Maros.

Kegiatan yang bertema “Milenial Hebat Melalui Tulisan” diikuti oleh 25 peserta yang terdiri dari Mahasiswa STAI DDI Maros yang berasal dari jurusan PAI, PGMI, & HKI dan Mahasiswa UMMA jurusan manajemen.

Narasumber kegiatan tersebut menghadirkan 3 orang, diantaranya; Abdul Rahman, S.Pd.I., M.Pd (Dosen & Ketua LP2M STAI DDI Maros), dan Ulya Sunani (Humas Kemenag Maros & Muhammad Suryadi R selaku Founder LSAF (Lingkar Studi Aktivis Filsafat) An-Nahdliyyah & Sekertaris Takanitra (Perpustakaan Komunitas Iqra).

Muhammad Suryadi R selaku narasumber mengatakan pelatihan menulis ini harus diapresiasi dan perlu disupport penuh.

Model pelatihan seperti ini hendaknya harus diperhatikan secara serius oleh pihak kampus, mengingat mahasiswa dan mahasiswi saat ini kehilangan kesadaran dalam kepenulisan, kata Suryadi.

“Membekali generasi muda dengan keterampilan menulis, merupakan hal baik untuk menyongsong perkembangan teknologi informasi. Ini bekal yang bergizi, meskipun forum-forum kepenulisan mulai langka,” bebernya.

“Bagi Maros ini penting, untuk lebih membunyikan segala potensi yang dimiliki. Catatan tentang Maros tentu akan sangat berguna, sekarang hingga masa yang akan datang,” tambahnya Ulya Sunani salah satu narasumber.

“DEMA patut diapresiasi karena visioner dalam membuat program akademik. Ini akan menjadi modal baik saat mahasiswa maupun setelah menjadi mahasiswa,” terang Abdul Rahman salah satu narasumber.

Sementara itu, Ketua DEMA STAI DDI Maros, Andi Widya Asih mengungkapkan kepenulisan bersifat kolektif kolegial dengan literasi.

“Karena dalam pandangan saya, literasi tidaklah hanya mencakup bacaan saja juga terdiri dari pengetahuan, riset, dan kemampuan analisis serta berfikir kritis dalam memulai kepenulisan,” tambahnya.

Melalui pelatihan ini, kita belajar banyak hal, mulai dari teknik penulisan yang baik hingga strategi untuk mempublikasikan karya ilmiah di jurnal internasional.

“Saya berharap pengetahuan yang didapatkan selama pelatihan ini bisa diaplikasikan dalam penulisan karya ilmiah yang lebih baik kedepannya,” katanya Nur Halima AT Ketua HMP PAI STAI DDI Maros.

“Alhamdulillah, kegiatan pelatihan KTI ini berjalan dengan lancar. Berkat kerja keras panitia yang luar biasa. Dalam kegiatan pelatihan kali ini banyak ilmu yang kami dapatkan dari pemateri-pemateri yang hebat. Dan saya sangat bangga melihat antusias peserta mengikuti pelatihan KTI ini, saya berharap semoga dengan pelatihan KTI ini, STAI DDI MAROS mampu melahirkan penulis yang hebat,” ungkapnya Sunil selaku ketua panitia. (*/Abrar)

Editor : Syahrul

100 Views

Bugispos.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya