World Environment Day 2024 : Generasi Milenial Sulbar dan Pj Bahtiar Kirim ki Pesan Pada Dunia

11 June 2024 15:41
World Environment Day 2024 : Generasi Milenial Sulbar dan Pj Bahtiar Kirim ki Pesan Pada Dunia

BugisPos, Mamuju – Berbeda dengan daerah lainnya di Indonesia dalam memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia. Puncak Hari Lingkungan Hidup Sedunia yang berlangsung di Sulawesi Barat Selasa (11/6/2024) Pj Gubernur Bahtiar Baharuddin turun bersama anak anak milenial dan Gen Z Mamuju menanam Mangrove di pinggir laut Sumare Mamuju.

Sebelum puncak peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia 2024 provinsi Sulbar, pemprov di daerah ini sudah melakukan sejumlah rangkaian penanaman pohon. Termasuk penanamam pohon yang dilakukan oleh OPD Pemprov, para bupati melalui Pemda Kabupaten, TNI, Kepolisian serta instansi lainnya di Sulawesi Barat. Rangkaian tersebut merupakan bagian dari upaya warga Sulawesi Barat menjaga dan merawat alamnya.

Tak terkecuali bagi ratusan anak Gen Z atau generasi milenial Sulbar. Mereka bersama sama Pj Gubernur terlibat merawat lingkungan melalui aksi Menanam pohon Mangrove di Desa Tapandullu, Kecamtan Simboro, Selasa (11/06/2024)

Menanam Mangrove bersama siswa ini rangkaian dari gerakan menanam sejuta pohon yang dilaksanakan serentak di enam kabupaten pada Hari Lingkungan Hidup Sedunia dan Hari Laut Sedunia.

Seperti diketahui, WWF Indonesia pernah melakukan survey terhadap persepsi Milenial dan Gen Z. Dari hasil survey tersebut isu pelestarian lingkungan menjadi salah satu prioritas penting bagi milenial dan gen Z. Mereka mengkhawatirkan penyediaan air bersih, pengembangan kota hijau, pembatasan polusi industri dan terakhir adalah melindungi keanekaragaman hayati, flora dan fauna.

Sementara itu Greenpeace juga pernah melakukan survey pada 9 Januari hingga 1 Februari 2024 terhadap 6000 generasi milenial di Indonesia. Mayoritas generasi milenial ini mempersoalkan kelestarian lingkungan dan mendesak pemerintah beralih ke ekonomi hijau.

Sama halnya di Sulawesi Barat. Generasi milenial telah melakukan tindakan nyata terhadap isu lingkungan saat peringatan Lingkungan Hidup Sedunia. Mereka mengajak Bahtiar Baharuddin turun ke tepi laut. Tak peduli berbasah basahan. Nampak para milenial yang terdiri dari pelajar SMP dan SMA tersebut berbaur bersama Pj Bahtiar. “Ayo Pak Gub, sama sama tanam pohon” teriak seorang pelajar. Sementara pelajar perempuan lainnya juga tak mau kalah..”Di sini ki Pak Gub” teriak pelajar SMA sambil salam ces bersama Pj Bahtiar.

Pelajar milenial ini sangat menikmati saat menanam bersama Pj Bahtiar. Begitupula sebaliknya Pj Bahtiar tak kalah semangat dan sesekali merangkul anak milenial ini sambil mengajak ngobrol. Salah satunya menyampaikan dan mengajak agar bersama sama menjaga dan merawat alamnya Sulbar.
Kata Pj Bahtiar ke mereka bahwa berdasarkan indeks risiko bencana Indonesia, Sulbar merupakan wilayah dengan risiko paling tinggi.

“kita harus lakukan upaya ekstra ordinary menyelematkan seluruh ekosistem lingkungan,” kata Bahtiar.

Selain itu Pj Bahtiar juga mengingatkan pada generasi milenial Sulbar bahwa daerah ini memiliki keistimewaan yakni sebagai udara terbersih di Indonesia dan sebagai generasi masa depan Sulbar maka mulai sekarang harus menjaga dan mempertahankannya.

“Pastikan tanah ini masih tanah terbersih udaranya dan menjadi pilihan orang. Ini menjadi kebanggaan kita, artinya lingkungan kita masih terjaga,” tandas PJ Bahtiar.
(*)

108 Views

Bugispos.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya