Jajaran TNI dan Polri Gelar ki Pasukan Pengamanan Kunker Presiden RI di Bumi Butta Toa Bantaeng Sulawesi Selatan

04 July 2024 19:34
Jajaran TNI dan Polri Gelar ki Pasukan Pengamanan Kunker Presiden RI di Bumi Butta Toa Bantaeng Sulawesi Selatan
Jajaran TNI dan Polri Gelar Pasukan Pengamanan Kunker Presiden RI di Bumi Butta Toa Bantaeng Sulawesi Selatan

BugisPos, Bantaeng —.Jajaran TNI dan Polri menggelar apel gelar pasukan pengamanan kunjungan Presiden Republik Indonesia (RI) Joko Widodo beserta Ibu Negara Iriana Jokowi di Bumi Butta Toa Bantaeng, Provinsi Sulawesi Selatan.

Apel gelar pasukan di pusatkan di tribun pantai seruni kabupaten Bantaeng, Kamis (4/7/2024).

Kedatangan orang nomor satu di Indonesia itu dijadwalkan pada hari Jum’at (5/7/2024) pagi.

Apel gelar pasukan dipimpin langsung Dandim 1410/Bantaeng Letkol Inf Eka Agus Indarta, S.Psi., M.Psi., didampingi Pj.Bupati Bantaeng Dr. Andi Abubakar, S.I.P., M.Si., Kapolres Bantaeng AKBP Edward Jacky, S.H., S.I.K., M.M., Kajari Bantaeng Satria Abdi, S.H., M.H., dan Dandim Jajaran Korem 141/Tp, serta Danyonif Raider 700/WYC.

Dalam Pengarahannya, Dandim 1410/Bantaeng Letkol Inf Eka Agus Indarta menyampaikan bahwa Apel Gelar Pengamanan VVIP bertujuan untuk mengetahui kesiapan personel sesuai bidang dan tugas pokok masing-masing bagian sesuai dengan prosedur tetap (Protap) VVIP, selain itu juga kesiapan materil pendukung sehingga dalam pelaksanaan nantinya tidak terjadi salah prosedur.

Lebih lanjut, Dandim 1410/Bantaeng juga mengatakan bahwa kegiatan tersebut sebagai sarana untuk melaksanakan koordinasi antar unsur terkait pengamanan di lapangan sehingga tidak terjadi kesalahan sekecil apapun serta bila terjadi kendala di lapangan dapat segera diatasi.

“Pahami tugasnya masing-masing perorangan, apabila belum mengerti tanyakan dan tugas komandan berikan penjelasan sehingga dimengerti anggota.”tegas Dandim.

Senada dengan penyampaian Dandim 1410/Btg, Kapolres Bantaeng AKBP Edward Jacky Tofani Umbu Kaledi SH, S.IK,.MM mengatakan kegiatan apel pasukan sifatnya terintegrasi, saling terkait antara kegiatan yang satu dengan lainnya sehingga alat komunikasi dan cara berkomunikasi harus dikoordinasikan dan dibawah kendali Paspamres.

Selain itu, Kapolres berujar agar anggota yang ditugaskan untuk selalu mengantisipasi potensi – potensi rawan.

“Antisipasi tempat pengamanan sebelum dan sesudah kegiatan kunjungan,” ucap Kapolres.

Jebolan akademi polisi tahun 2004 ini berharap kunjungan Presiden Jokowi di wilayah hukum Polres Bantaeng dapat berjalan dengan tertib, lancar dan aman.

“Kita laksanakan tugas ini dengan penuh rasa tanggung jawab sesuai dengan tugas pokok dan fungsinya masing-masing. Kedua, pegang teguh disiplin dan prosedur tetap serta aturan pelaksanaan pengamanan VVIP agar tidak terjadi hal-hal yang tidak kita inginkan,” pungkasnya. (rls/Ucok Haidir)

Editor : Mahyul

55 Views

Bugispos.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya