Kadis Sosial Bulukumba Dampingi ki Tim Visitasi dan Akreditasi BBPPKS Kemensos RI

24 October 2024 13:18
Kadis Sosial Bulukumba Dampingi ki Tim Visitasi dan Akreditasi BBPPKS Kemensos RI

BugisPos, Bulukumba.- Kepala Dinas Sosial Kabupaten Bulukumba Hj.Darmawati,SE selama dua hari berturut turut mendampingi tim Visitasi dan Akreditasi Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak ( LKSA ) BBPPKS Kemensos RI Regional V Makassar.

Tim Visitasi dan Akreditasi Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak BBPPKS Kemensos RI Regional Makassar masing masing PPNPM BBPPKS Kemensos RI Regional V Makassar, Ibnu Abbas Pengelola perpustakaan BBPPKS Makassar,
Misanul Chair, PPNPN BBPPKS Makassar, serta dua orang Asesor masing masing Rabiah Tul Adawiyah Irmawati Yusuf.

Dihari pertama Kadis Sosial Hj.Darmawati didampingi Muh.Jufri Lando, ikut mendampingi Tim Visitasi dan akreditasi di Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak ( LKSA ) Saadatul Banaat Aisiyah di jalan AP.Pettarani no 302 Bulukumba yang diterima pembina Hj.Banri Alang, yang juga mantan anggota DPRD Bulukumba, kemudian tim lanjut ke LKSA Ihyaun Nufus YPPI di jalan Rambutan hingga larut malam.

Pada Rabu malam kemarin tim ini juga melakukan akreditasi di LKSA Babussalam Kasuara dan diterima oleh Ketua LKSA Babussalam Hj.Mutiara.

Selanjutnya dihari kedua, Kadis Sosial kembali mendampingi tim menuju LKSA Al- A’raf Desa Garanta Kecamatan Ujung Loe dan diterima oleh Muhammad Erwin, Ketua pembina LKSA Al- A’rah.

Terlihat tim asesor lebih banyak menanyakan soal administrasi, termasuk jumlah anak binaan, baik anak binaan dalam maupun luar.

” Berapa anak binaan dalam dan luar pak, ” tanya Rabiah Tul Adawiyah dan menurut Erwin, khusus anak binaan dalam ( menginap di dalam di dalam kawasan LKSA sebanyak 30 orang dan yang di luar sebanyak 15 orang.

Selain itu, tim Asesor juga meminta data anak binaan termasuk menanyakan apakah seluruh anak sudah memiliki Akta lahir dan juga meminta bukti pendukung penyerahan anak dari orang tua ke pengelola LKSA.

Selanjutnya tim bersama Kadis Sosial menuju LKSA Imam Husain di Desa Tambangan Kecamatan Kajang dan diterima oleh Ketua LKSA Andi Muh.Tasmir.

Dihadapan tim, Andi Tasmir menyampaikan bahwa saat ini anak binaannya lebih banyak yang sekolah non formal. Dan LKSA Imam Husain berdiri 1 Juli 2012, dan binaan anak dalam sebanyak 7 orang dan anak luar 15 anak.

A.Tasmir juga menyampaikan bahwa gedung lantai 2 yang ada merupakan bantuan dari Johor Malaysia

Rabiatul Hadawiah salah seorang asesor kepada media ini menjelaskan tujuan dari kegiatan Visitasi dan Akreditasi Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak ini, untuk mengetahui legalitas LKSA yang ada di wilayah Sulawesi Selatan termasuk di Kabupaten Bulukumba.

“Bagi LKSA yang Akreditasi A kembali dilakukan Visitasi dan akreditasi untuk mengetahui apakah bisa bertahan dengan akreditasi A atau tidak,” jelasnya.

Sementara itu, Kadis Sosial Hj.Darmawati menyampaikan, dengan adanya tim Visitasi dan Akreditasi LKSA tentunya diharapkan LKSA yang ada di Bulukumba bisa mendapatkan akreditasi lebih baik sebelumnya.

” Saya berharap dari lima LKSA di yang dikunjungi tim Visitasi dan Akreditasi, bisa mendapatkan nilai akreditasi A,” harap Hj.Darmawati.

Sebelumnya tim Visitasi dan Akreditasi didampingi Kadis Sosial Bulukumba melakukan audiens dengan Pj.Bupati Bulukumba Muhammad Rasyid di ruang kerja Bupati.- Suaedy.-

18 Views

Bugispos.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya