Ikuti Roadshow Vaksinasi, Kompleks UPT SPF SDN Sudirman I dan IV Genjot Imun Siswa Menyongsong PTM

08 February 2022 11:08
Ikuti Roadshow Vaksinasi, Kompleks UPT SPF SDN Sudirman I dan IV Genjot Imun Siswa Menyongsong PTM

BugisPos – Dalam upaya mendukung percepatan vaksinasi usia anak 6 – 11 tahun, Kompleks UPT SPF SD Negeri Sudirman I s/d IV mengikuti kegiatan Roadshow vaksinasi diselenggarakan oleh Nakes Polda Sulsel bekerja sama Dinas Pendidikan kota Makassar.

Kegiatan ini melibatkan jajaran nakes Polda Sulsel, TNI, satgas perwakilan masing-masing SDN Sudirman, orang tua siswa, dinas pendidikan, dukcapil, Tripika Kec. Ujung Pandang dan lurah Pisang Utara di kompleks UPT SPF SD Negeri Sudirman, Senin (7/2/22).

Sejalan dengan program pemerintah kota Makassar, Disdik Kota Makassar melalui kompleks UPT SPF SD Negeri Sudirman I s/d IV menggenjot capaian vaksinasi guna membentuk imunitas siswa terpenuhi.

Hal itu dilakukan demi semata untuk menyongsong yang namanya proses pembelajaran tata muka tanpa harus ada klasifikasi pembatasan siswa.

Kepsek UPT SPF SD Negeri Sudirman I, Haslinda Muchlis, S.Pd., M.Pd saat di lokasi vaksinasi mengatakan bahwa pelaksanaan vaksinasi usia anak 6-11 tahun menggunakan empat tahapan sebelum kemudian mereka di vaksin.

Tahapan tersebut mulai pendaftaran, registrasi, validasi, screening. Setelah semua tahapan terpenuhi, orang tua siswa mendampingi anaknya untuk di vaksin.

Selanjutnya siswa di arahkan ambil kartu vaksin dan melakukan photo booth sebagai tanda bukti siswa ini sudah mengikuti vaksinasi.

Di tempat yang sama, Kepsek UPT SPF SD Negeri Sudirman II, Suadah, S.Pd mengungkapkan usai siswa di vaksinasi, mereka di berikan motivasi dan bingkisan berupa snack dan juga zuze semacam minum.

Melalui cara ini, siswa yang tadinya tidak mau di vaksin setelah mereka melihat teman – temannya di vaksin dan mendapat bingkisan mereka pun tergerak hatinya untuk di vaksin.

Hal senada diungkapkan Kepsek UPT SPF SD Negeri Sudirman III, Mukhtar, S.Pd menambahkan berbagai upaya dilakukan mulai sosialisasi siswa dan orang tua siswa tentang pentingnya vaksinasi guna membentuk imunitas daya tahan tubuh agar terhindar dari ancaman virus yang berbahaya.

Kendati masih ada sebagian orang tua siswa belum siap anaknya untuk di vaksin, akan tetapi kebanyakan dari mereka sangat antusias mengikuti vaksinasi. “Hal itu tercatat hampir 50 persen lah sudah mengikuti vaksinasi ini,” terangnya.

Untuk itu, kata Mukhtar pelaksanaan ini akan berlanjut dan mengedukasi orang tua siswa maupun siswa belum vaksin segera vaksinasi. Paling tidak persentase siswa mengikuti vaksinasi membentuk herd immunity di kelas lebih banyak sehingga tidak mudah terjangkit virus.

Sementara, Plt Kepsek UPT SPF SD Negeri Sudirman IV, Sarwinah, S. Pd., M.Pd menyebutkan selama kegiatan roadshow vaksinasi ini berlangsung di kompleks SD Negeri Sudirman I s/d IV berjalan aman dan lancar.

Hal itu tak lepas peran serta semua pihak dalam mensukseskan giat roadshow vaksinasi usia anak 6 – 11 tahun demi mewujudkan percepatan capaian vaksinasi yang di canangkan pemerintah.

Terlepas masih di harapkan orang tua siswa dan siswa itu sendiri memiliki kesadaran, kepedulian membentengi dirinya, kelompok dan meningkatkan imunitas siswa.

“Sehingga kalau vaksinasi ini berjalan orientasinya kan mempersiapkan diri pembelajaran tata muka itu normal kembali,” tutupnya. (Sila)

335 Views

Bugispos.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya