Kembangkan Tanaman Hortikultura, PT SCI Gagas Program Kemitraan berbasis Agribisnis di Sulsel

28 May 2024 20:17
Kembangkan Tanaman Hortikultura, PT SCI Gagas Program Kemitraan berbasis Agribisnis di Sulsel

BugisPos.com, Makassar – PT Sulsel Citra Indonesia (SCI) atau Perseroda Sulsel akan mengembangkan tanaman hortikultura di dua Desa, Kabupaten Gowa.

SCI Sudah 200 hektare lahan yang disiapkan program kemitraan berbasis agribisnis.

Tidak hanya disiapkan di Gowa, akan tetapi merambah ke Kabupaten Sinjai.

Sekar Group nantinya mengelolah hasil tanaman itu menjadi makanan. PT Sekar Laut Tbk atau Sekar Group adalah sebuah produsen makanan yang berkantor pusat di Surabaya.

Plt Direktur Utama PT SCI, Machmud Achmad menjelaskan, kemitraan agribisnis ini berbasis hortikultura seperti cabai, tomat, kentang, kol, wortel dan tanaman hortikultura lainnya.

SCI sebagai mitra petani yang menanggung biaya produksi tanaman tersebut seperti bibit, pupuk, pestisida dan tenaga kerja.

“Jadi kita menyediakan modal mulai dari biaya produksi, bibit dan lain-lain, kita akan bagi hasil dengan petani. Nah, setelah itu kita akan kembangkan bersama Sekar Group untuk diolah menjadi kerupuk, sambal, bumbu-bumbu dan lain-lain,” ujar Machmud kepada media, Sabtu (25/5).

Adapun lahan, dari petani itu sendiri. Jika terjadi gagal panen, maka pihak asuransi yang akan membayarkan total kerugian yang terjadi.

“Ketika terjadi gagal panen, maka ditanggung asuransi, karena kita sudah mengasuransikan lahan dan bisnis ini ke pihak asuransi,” lanjutnya.

Dia juga akan mendorong petani mandiri menjual hasil tanaman nya sendiri ke SCI yang akan diolah oleh Sekar Group.(w/din)

999 Views

Bugispos.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya