Rekrut Kader Ideologis, PMII UMM Laksanakan ki MAPABA

04 October 2024 16:47
Rekrut Kader Ideologis, PMII UMM Laksanakan ki MAPABA
Acara ini berlangsung selama tiga hari, mulai dari Jumat hingga Minggu, 4-6 Oktober 2024, bertempat di Kantor Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kabupaten Maros.

BugisPos, Maros — Pengurus Komisariat Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Universitas Muslim Maros (UMM) menggelar kegiatan Masa Penerimaan Anggota Baru (MAPABA) dengan tema “Merajut Kebersamaan, Membangun Solidaritas dan Loyalitas Anggota”.

Acara ini berlangsung selama tiga hari, mulai dari Jumat hingga Minggu, 4-6 Oktober 2024, bertempat di Kantor Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kabupaten Maros.

“Mapaba adalah kaderisasi awal, bertujuan untuk merekrut dan memperkenalkan calon anggota baru dengan nilai-nilai dasar PMII serta mempererat solidaritas antar anggota Komisariat,” katanya Ketua Panitia Pelaksana M. Rijal dalam laporannya.

“Mapaba ini menjadi wadah pembinaan awal bagi para mahasiswa baru yang ingin bergabung dalam organisasi PMII,” katanya Rijal lebih lanjut.

Senada dengan hal itu, Ketua Komisariat Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Universitas Muslim Maros (UMMA) Akbar, dalam sambutannya pada pembukaan acara, menyampaikan pentingnya kegiatan ini untuk membentuk karakter dan penanaman ideologi organisasi PMII.

“Melalui Mapaba ini, kami berharap dapat membentuk kader-kader yang tidak hanya solid secara organisasi, cerdas, tetapi juga loyal terhadap nilai-nilai perjuangan PMII,” ujarnya Akbar.

“Selama tiga hari, peserta Mapaba akan mengikuti berbagai rangkaian kegiatan, seperti sesi pengenalan organisasi, diskusi, latihan kepemimpinan, hingga kegiatan outbound yang dirancang untuk meningkatkan kebersamaan,” katanya.

“Selain itu, para peserta juga akan dibekali dengan wawasan tentang peran dan tanggung jawab mahasiswa sebagai agen perubahan dalam masyarakat,” ucapnya.

Sementara itu, Ketua Cabang PMII Maros, Muh. Haidir Idris dalam sambutannya menekankan pentingnya membangun kesadaran kolektif dan kerjasama dalam upaya mengembangkan PMII di UMM.

PMII adalah adalah Kampus Alternatif bagi mahasiswa untuk mengembangkan kapasitas dan skill memimpin, wawasan kebangsaan, wawasan ke islaman lebih khusus Islam Ahlusunnah Wal Jamaah Annahdliyah, terangnya.

“Oleh karena itu, saya berpesan kepada Pengurus Komisariat bahwa kedepan pasca Mapaba ini, anggota baru ini dibeli follow up dalam bentuk diskusi atau kajian rutin,” imbuhnya.

“Mapaba PMII Universitas Muslim Maros diharapkan menjadi langkah awal yang solid untuk mencetak kader-kader yang berkomitmen dalam berorganisasi dan siap berkontribusi bagi masyarakat serta bangsa,” harapnya Haidir Idris.

Kegiatan ini pun mendapat respons positif dari peserta. Salah satu peserta Mapaba mengungkapkan kegembiraannya bisa bergabung dalam kegiatan ini.

“Saya sangat senang bisa ikut MAPABA ini. Selain menambah wawasan, saya juga mendapatkan banyak teman baru,” ujarnya. (*/Abrar)

Editor : Syahrul

71 Views

Bugispos.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya