Siswi SMAN 1 Bulukumba Jadi ki Delegasi Intercultural Friendship Society di Jepang

02 February 2020 21:32
Siswi SMAN 1 Bulukumba Jadi ki Delegasi  Intercultural Friendship Society di Jepang

 

BugisPos.- Divareswari Amaliah Amrullah, siswi  kelas XI MIPA 1  SMA Negeri 1 Bulukumba, putri dari dr.H.Amrullah, salah seorang pejabat di RSUD HA.Sulthan Dg Radja Bulukumba dan Ernawaty, SH. MH  Ketua Pengadilan Negeri Sidrap, Sulawesi Selatan, tercatat sebagai salah satu delegasi dalam program Intercultural Friendship Society di Negeri Sakura Jepang.

Kepala SMA Negeri 1 Bulukumba Rusli Umar kepada media ini, Minggu (2/2) menyampaikan, Program tersebut merupakan salah satu program pertukaran budaya, bertujuan untuk memperluas wawasan mengenai kemajuan teknologi dan kultur budaya masyarakat di Jepang.

” Lolosnya Divareswari pada kegiatan pertukaran budaya ini, merupakan prestasi luar biasa, karena melalui seleksi tahapan yang sangat ketat dan berhasil menyisihkan ratusan peserta lainnya di seluruh Indonesia, dari 50 finalis yang mengikuti seleksi tahap akhir wawancara dan presentasi, terpilih 21 delegasi yang mewakili Indonesia ke Jepang termasuk Divareswari,” ungkap Rusli Umar yang juga anggota Komunitas 86.

Selama berada di Jepang, sambung Rusli, Diva telah berkunjung ke Kedutaan Besar Republik Indonesia yang terletak di Tokyo. Selain itu juga berkunjung ke 3 Universitas ternama di Jepang yakni Waseda University, Chuo University, dan Tokyo University. Bahkan, menurut pengakian Diva seperti disampaikan Rusli Umar kepada media ini, Diva juga sudah mengunjungi perusahaan surat kabar terbesar (Asahi Shimbun) yang terletak di Tokyo Jepang.

Pada kegiatan itu, tak hanya menambah wawasan tentang kultur budaya masyarakat Jepang, melainkan terdapat program tambahan yakni Lomba Presentasi dengan tema “What’s your idea for technology development to make your culture better?”. Dimana program tambahan ini, terkait bagaimana cara para delegasi memanfaatkan teknologi untuk membuat inovasi baru sebagai kontribusinya terhadap Indonesia.

” Banyak pengalaman yang saya dapatkan selama mengikuti program ini, bisa secara langsung melihat betapa pesatnya teknologi jepang yang dapat mempermudah setiap aktivitas warga jepang. Selain itu juga saya dapat belajar arti bekerja sama dalam sebuah tim. Dan mendapatkan hal-hal baru yang belum pernah saya dapatkan selama berada di Indonesia,” ungkap Diva seperti disampaikan Rusli.

Dari pengalaman itu, seperti diceritakan Diva kepada Rusli, apa yang Diva dapatkan selama berada di Jepang, dia ingin menerapkannya ketika dia pulang ke Indonesia.

Seperti kesadaran akan tidak membuang sampah sembarangan, berbicara secukupnya, berperilaku sopan kepada orang yang paling tua bahkan teman sebaya, dan yang terakhir tetap semangat dalam menggapai cita-cita. Program yang diikuti Diva berlangsung selama 7 hari dari tanggal 21-27 Januari 2020.- * Suaedy.-

Bugispos.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya