SMP Negeri 2 Bulukumba Siap mi Ikuti LSS Tingkat Provinsi

13 February 2020 15:22
SMP Negeri 2 Bulukumba Siap mi Ikuti LSS Tingkat Provinsi

 

BugisPos.- Setelah MAN 2 Bulukumba sukses meraih juara Kedua Lomba Sekolah Sehat Tingkat Nasional tahun 2019 lalu dan Bupati Bulukumba AM.Sukri A.Sappewali diundang menerima hadiahnya bersama Kasek MAN 2 Bulukumba H.Syarifuddin dan Kabag Kesra yang waktu itu dijabat Hj.Darmawati, di Jakarta. Giliran SMP Negri 2 Bulukumba, juga siap mengikuti jejak MAN 2 Bulukumba.

Hal tersebut terungkap pada rapat koordinasi persiapan penilaian Lomba Sekolah Sehat ( LSS ) tingkat Provinsi Sulsel, di aula SMP Negeri 2 Bulukumba, Rabu (12/2) dihadiri Staf Ahli Bidang Kemasyarakatan dan SDM Hj.Darmawati yang juga mantan Kabag Kesra, didampingi Kadis Pendidikan H.Akhmad Januaris, Kasubag Pembinaan Sosial Bagian Kesra A.Mirza Melanie, Kepala MAN 2 H.Syarifuddin selaku motivator, Kepala SMP Negeri 2 Sahiruddin bersama Ketua Komite Sulkifki Saiyye, Pengawas H.Isbair dan dewan guru.

Kadis Pendidikan Akhmad Januaris menekankan, menghadapi penilaian lomba sekolah sehat, agar semuanya kompak bekerja, jangan hanya Kepala Sekolah yang bekerja, tetapi diharapkan semua ikut terlibat. ” Saya optimis SMP Negeri 2 Bulukumba bisa juara pada LSS Tingkat Provinsi.,” katanya.

Januaris juga menyebut kalau Bulukumba ini sudah pernah juara Kedua lomba LSS tingkat Nasional. ” Jadi LSS ini bukan hal baru di Bulukumba, apalagi dengan hadirnya Ibu Staf Ahli Bidang Kemasyarakatan dan SDM Hj.Darmawati yang juga mantan Kabag Kesra, yang membawa MAN 2 menjadi Juara Kedua LSS Tingkat Nasional,” sebut Januaris.

Sehingga diharapkan dukungan dan arahan dari mantan Kabag Kesra, apa yang sebaiknya dilakukan menghadapi tim penilai Lomba Sekolah Sehat tingkat Provinsi.

Semenyara itu Staf Ahli Bupati Hj.Darmawati mengapresiasi Kepala Sekolah SMP Negeri 2 bersama jajarannya, yang bersemangat mengikuti LSS ini dan diharapkan seluruh stakeholder terkait ikut terlibat dalam melakukan pembinaan, utamanya leading sektor yang ada.

Selain itu, Hj.Darmawati juga menyampaikan bahwa pada lomba sekolah sehat ini, salah satu point yang utama adalah bagaimana seluruh tenaga pendidik dan peserta didik, agar tetap membudayakan Beprilaku Hidup Bersih dan Sehat. ( PHBS ) baik di lingkungan sekolah maupun di lingkungan keluarga.

Darmawati mencontohkan, jika melihat sampah di lingkungan sekolah, atau lingkungan keluarga harus segera diambil dan dimasukkan ke tempat sampah yang tersedia.

Selain itu, masih kata Hj.Darmawati, budaya si pakatau dan si pakalebbi agar dibiasakanan, termasuk membudayakan karakter 3 S ( Senyum, Sapa dan Salam ), baik guru maupun peserta didik.

Kemudian terkait soal kantin sehat, agar pengelola kantin memajang informasi daftar menu makanan dan minuman sehat serta nilai gizi yang dikandung menu makanan dan minuman yang dijual. Selain itu, di kantin sehat agar disiapkan petugas pelayan dan kasir.

Darmawati mengingatkan agar seluruh yang ada di sekolah ini, mulai Kepala Sekolah, Guru, tenaga administrasi dan peserta didik termasuk para orang tua anak didik berkomitmen untuk bekersama, agar semuanya selalu berprilaku hidup bersih dan sehat

Demikian juga disampaikan Sulkifli selaku Ketua Komite sekolah, secara pribadi dia siap membantu termasuk mencari sumber pembiayaan, karena dia tidak ingin prestasi Bulukumba yang pernah diraih MAN 2 berpindah ke daerah lain.

” Saya kira kita semua sepakat SMP Negeri 2 Bulukumba harus mampu membawa nama harum Bulukumba, dan kita juga siap mempersembahkan prestasi dimasa akhir jabatan Bupati AM.Sukri A.Sappewali. Untuk itu mari kita bekerjasama dan kompak meraih prestasi,” kata Sulkifli yang juga anggota DPRD Bulukumba.

Sebelumnya Kepala SMP Negeri 2 Bulukumba Sahiruddin melaporkan, bahwa tahun 2019 lalu, sekolahnya sudah pernah mengikuti lomba sekolah sehat tingkat Provinsi. Dan apa yang menjadi kekurangan pada tahun lalu, sudah dilakukan pembenahan, dengan harapan tahun 2020, SMP Negeri 2 Bulukumba bisa lolos di tingkat Provinsi selanjutnya ke Tingkat Nasional.- Suaedy.-

Bugispos.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya